RonaTeras Berita

18 ribu Penari Genjek Kolosal Pecahkan Rekor MURI 

Foto - Para penari genjek kolosal.(Ist)

KARANGASEM – Pagelaran Tari Genjek Kolosal yang diikuti sebanyak 18.012 orang penari yang berlangsung di Cagar Budaya Taman Sukasada Ujung, Kabupaten Karangasem, Bali tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan jumlah penari terbanyak.

Tari genjek yang digagas Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri ini tidak hanya memecahkan rekor MURI yang pernah dibuat oleh Bupati Karangasem pada tahun 2016 silam dengan peserta sebanyak 15.361 orang penari, namun juga dinyatakan sebagai rekor dunia penari genjek terbanyak.

“Kegiatan ini selain untuk melestarikan kesenian dan budaya Bali juga untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda,” kata Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Karangasem, Minggu (28/10/2018) sore.

Dengan kesuksesan acara yang ditandai dengan pencatatan rekor oleh MURI, Bupati menyatakan hal ini sebagai upaya untuk secara perlahan mengembalikan kondisi Kabupaten Karangaem yang masih berstatus siaga akibat erupsi Gunung Agung.

“Kami sengaja menggelar tari genjek kolosal di Taman Ujung karena tempat ini juga merupakan warisan budaya yang harus kita terus perkenalkan agar dikunjungi para wisatawan,” ucapnya.

Ditemui usai penyerahan piagam, Senior Manager MURI Sri Wijayati mengatakan, Kabupaten Karangasem telah 7 kali menggelar kegiatan yang telah tercatat di MURI.

“Kabupaten Karangasem sudah mencatatkan diri sebagai kabupaten yang menjadi inspirasi dan membuka semangat bagi daerah-daerah lain untuk memunculkan ide-ide kreatif. Ini bukan yang pertama namun sudah yang ke tujuh bagi Karangasem,” tegasnya. (agw)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan