RegionalTeras Berita

Kodim 1611/Badung Serahkan Bantuan Jamban

(Foto/Ist)

DENPASAR – Dalam rangka mengajarkan sekaligus mewujudkan pola hidup sehat dan hiegenis bagi warga yang kurang mampu di wilayah binaannya, Kodim 1611/Badung melaksanakan kegiatan karya bakti pembuatan jamban atau jambanisasi. Program jambanisasi kali ini menyasar pada salah seorang warga, I Kadek Suastika, yang berdomisili di Jalan Pengasaan Timur, Banjar Yangbatu Kangin, Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar Timur.

Penyerahan bantuan jamban sekaligus pelaksanaan pembuatannya melibatkan sejumlah personel Kodim 1611/Badung yang memiliki keahlian pertukangan, yang dipimpin langsung oleh Kasdim 1611/Badung Mayor Inf Arianto, SAg., didampingi Pjs Pasiter Kapten Inf I Wayan Suara serta Danramil 1611-01/Denpasar Timur Kapten Kav I Ketut Darnawan, akhir pekan lalu.

Menurut Kasdim yang mewakili Dandim 1611/Badung Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo, SE., tujuan satuannya melaksanakan program jambanisasi tersebut, selain merupakan tindak lanjut perintah Komando Atas juga dalam rangka untuk mengajak dan mendorong warga masyarakat agar senantiasa membiasakan diri hidup bersih dan sehat.

“Dengan pemberian bantuan jamban ini, semoga masyarakat dapat meninggalkan kebiasaan hidup yang kurang baik sebelumnya,” kata Kasdim.

Kegiatan ini juga dimaksudkan guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. “Jika setiap rumah tangga mampu mewujudkan hidup bersih dan sehat, maka lingkungan pun menjadi sehat, bersih, asri, dan nyaman,” katanya.

Mayor Arianto juga berharap bahwa program yang dilakukan prajurit TNI seperti ini, semoga mendapat dukungan dari komponen masyarakat dan juga pemerintah daerah, karena muara yang diinginkan adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan derajat kesehatan yang lebih baik serta lingkungan yang bersih.

Kadek Suastika, warga penerima bantuan jamban yang setiap harinya bekerja sebagai buruh ini mengaku sangat senang dan menyampaikan ucapan terima kasih serta mengapresiasi pelaksanaan program bantuan jamban yang dilakukan oleh pihak Kodim 1611/Badung.

“Tiyang sebagai warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pihak Kodim 1611/Badung yang telah berkenan membantu kami,” katanya, seraya menuturkan, bantuan jamban ini sangat berarti bagi dirinya dan keluarganya untuk memenuhi pola hidup sehat dan bersih.

Ungkapan senada dilontarkan oleh Sekretaris Desa Dangin Puri Kelod Made Ari Kesuma Wijaya atas terlaksananya program jambanisasi tersebut. “Semoga, program ini bisa berkelanjutan dan mampu menyentuh langsung serta sangat bermanfaat bagi warga masyarakat yang membutuhkan bantuan jamban. Sehingga kedepan secara kualitas kehidupan dan kesehatan warga menjadi lebih baik,” harapnya. (moe)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan