HukrimTeras Berita

Antisipasi Teror Bom, Bandara Ngurah Rai Gelar Simulasi Penanganan

(Foto/Ist)

DENPASAR – Ratusan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berhamburan menyelamatkan diri saat mendengar bandara mendapat ancaman teror bom. Tak berselang lama, puluhan aparat gabungan tiba di Bandara Ngurah Rai untuk melakukan penanganan.

“Lokasi yang mendapat ancaman teror bom yakni di area Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai,” terang General Manager Bandara Ngurah Rai Haruman Sulaksono dalam keterangannya, Rabu (1/5/2019).

Dijelaskan, peristiwa teror bom bukan kejadian nyata melainkan kegiatan simulasi yang digelar Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai bersama Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Dalam simulasi penanganan ancaman bom tersebut, dilakukan dua rekayasa kejadian berupa ancaman bom yang terdeteksi negatif dan ancaman bom yang terdeteksi positif. Simulasi dilakukan oleh seluruh pihak yang berwenang dalam kejadian ancaman bom, dengan melibatkan unsur personel Aviation Security Bandara Ngurah Rai, personel Polri, serta TNI.

Dikatakan juga, Bandar udara selaku obyek vital nasional, membutuhkan personel yang selalu siap siaga dalam mengantisipasi segala jenis ancaman. Salah satu jenis ancaman yang acapkali dialamatkan terhadap bandar udara adalah ancaman bom.

Simulasi tersebut dilaksanakan dalam rangkaian acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas).

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen Direktorat Jendral Perhubungan Udara selaku otoritas penerbangan sipil nasional dalam mewujudkan keselamatan, keamanan, pelayanan dan kepatuhan dalam penyelenggaraan pelayanan navigasi penerbangan,” jelas Haruman.

Selain latihan penanganan ancaman bom, ditampilkan pula video simulasi penanganan simulasi penanganan penumpang dalam keadaan darurat (sakit dan atau melahirkan), penanganan Tower ATC pada saat terjadi gempa bumi, serta penanganan pembajakan Tower ATC. (awd)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan