RonaTeras Berita

Arie Ashan – Bandara Ngurah Rai Siapkan 53 Parking Stand Delegasi IMF-WB

Foto - Arie Ashanurrohim.

BADUNG – Pelaksanaan IMF dan World Bank sudah di depan mata. Namun hingga saat ini pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai mengaku belum menerima kepastian berapa jumlah total pesawat yang remain over night (RON) dari para delegasi.

“Sampai saat ini kami belum menerima kepastian berapa pesawat dari para kepala negara maupun lainnya. Belum ada konfirmasi resmi mengenai jadwal kedatangan para delegasi VVIP dan VIP dan bahkan non VIP,” ucap Kepala Humas Bandara Ngurah Rai Arie Ashanurrohim saat dikonfirmasi, Minggu (30/9/2018) sore.

Menurut Arie, selama pelaksanaan IMF-World Bank, untuk pesawat RON di Ngurah Rai akan diprioritaskan bagi pesawat-pesawat VVIP milik para kepala negara, pesawat VIP milik para bankir, delegasi setingkat kepala negara dan sebagainya.

Jika kapasitasnya memungkinkan maka akan diperuntukan bagi delegasi lainnya yang memiliki pesawat pribadi. Namun jika kondisinya tidak memungkinkan maka akan ada 8 bandara alternatif yang akan digunakan untuk RON pesawat para delegasi.

“Setelah mendarat dan menurunkan para delegasi di Bali, mereka akan diarahkan ke 8 bandara alternatif terdekat yang masih bisa menampung. Pemerintah sudah siapkan 8 bandara terdekat dengan kapasitas yang sangat cukup. Namun hingga saat ini belum ada kepastian untuk hal tersebut,” kata Arie.

Saat ini sudah ada 21 pesawat yang dipastikan menginap di Bandara Ngurah Rai. Sedangkan pihak bandara telah menyiapkan sebanyak 53 parking stand, termasuk apron baru yang dapat memuat 10 pesawat berbadan lebar jenis Nero.

“Bila akhirnya parkir pesawat dari para delegasi harus mengisi tempat yang sebelumnya dipakai pesawat komersial, maka pesawat penumpang biasa yang selama ini parkir di Ngurah Rai akan digeser ke bandara lain. Dimana mereka hanya datang ke Ngurah Rai untuk menaikan atau menurunkan penumpang, setelah itu mereka tidak boleh parkir di Bandara Ngurah Rai,” pungkas Arie. (agw)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan