banner 728x250

Bali Menjadi Tuan Rumah Kegiatan DRA yang Digelar BNPB

  • Bagikan
(Foto/Ist)
banner 468x60

DENPASAR – Provinsi Bali dipilih sebagai tuan rumah oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam acara Dharma Relawan Adhirajasa (DRA) yang dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai dengan 28 Maret 2019 bertempat di Bumi Perkemahan (Camping Ground) Nangun Kerti, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

“DRA adalah ajang temu relawan penanggulangan bencana untuk saling berinteraksi, berkomunikasi dan peningkatan kapasitas serta bentuk apresiasi kepada relawan yang telah berkiprah dalam penanggulangan bencana,” tutur Kalaksa BPBD Provinsi Bali I Made Rentin di Denpasar, Kamis (28/3/2019).

banner 336x280

Tujuan kegiatan ini antara lain membangun jejaring relawan penanggulangan bencana (PB) di Indonesia, peningkatan kapasitas Relawan PB Indonesia, pembahasan desk relawan, sertifikasi relawan, dan cluster relawan, sosialisasi ekspedisi Destana, Gerakan PRB dan HKB 2019.
Peserta kegiatan DRA mengambil tema “Mensinergikan Semangat Kebersamaan dan Kerelawanan Untuk Ketangguhan Bangsa” tersebut melibatkan perwakilan dari organisasi relawan di seluruh Indonesia (34 Provinsi). Hadir pula Letjen Doni Monardo (Kepala BNPB) yang memberikan arahan kepada peserta pada hari Kamis 28 Maret 2019 mulai jam 8 pagi.

Made Rentin dalam laporannya kepada Kepala BNPB menjelaskan, BPBD Provinsi Bali memberi dukungan penuh baik personil maupun sarpras serta radio komunikasi. Gelar peralatan berupa mobil dapur umum, mobil comob (mobil komunikasi satelit) yang akan melakukan siaran langsung saat Kepala BNPB memberikan arahan.

“Di sela-sela acara juga dilakukan yankes (layanan kesehatan) dengan menurunkan tenaga medis dan ambulan untuk cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat,” kata Made Rentin.

Sementara, Kepala BNPB Letjen Doni Monardomengapresiasi kesiapan Bali sebagai tuan rumah DRA ini. Bahkan ia bercerita, dulu selama tugas di Bali dirinya banyak menanam pohon di banyak wilayah Provinsi Bali.

“Saat Apec di Bali saya menyumbangkan pohon trembesi di Bandara Ngurah Rai, itulah prinsip saya, “kita jaga alam dan alam jaga kita,” pungkas mantan Komandan Jenderal Kopassus pada 2014-2015 tersebut. (agw)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *