Parlementaria

Bertemu Danrem, Ini yang Disampaikan Ketua KPU Bali

Foto : Ketua KPU Bali saat audensi dengan Danrem. (Ist)

DENPASAR – Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Bali semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali menyatakan kesiapan menggelar pesta demokrasi tersebut.

Hal itu terungkap saat Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan melakukan audensi dengan Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf.

“KPU Bali siap untuk menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020, termasuk terkait kesiapan logistiknya di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini,” ucap Dewa Lidartawan, Rabu (15/7/2020) di Makorem, Denpasar.

Dijelaskan oleh Lindartawan, kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak di enam wilayah Kabupaten/Kota di Bali sejauh ini berjalan baik, aman dan lancar sesuai tahapan yang sudah ditentukan KPU.

Ditambahkan, dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 tentunya harus sesuai protokol kesehatan.

“Hampir semua proses Pilkada sebelum dan di tengah pandemi Covid-19 ini tentunya sangat berbeda. Mulai dari pendaftaran calon peserta Pilkada yang dulu biasanya diantarkan para simpatisan dalam jumlah banyak tentunya akan dibatasi,” paparnya.

Begitu juga saat kampanye terbuka yang dulu melibatkan ribuan simpatisan di lapangan, nantinya akan dibatasi dengan kampanye dalam ruangan dengan jumlah pesertanya 40 persen dari kapasitas gedung atau ruangan serta caranya juga dirubah melalui virtual.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Bali meminta bantuan kepada Danrem 163/Wira Satya dalam hal melibatkan para Babinsa untuk berperan membantu KPU mensosialisasikan mekanisme atau tata cara Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19.

“Sebelumnya kita dari KPU sudah berkoordinasi dengan pihak Polda Bali untuk kegiatan ini, selanjutnya kita mohon bantuan Bapak Danrem 163/Wira Satya dalam melibatkan para Babinsa yang nantinya bersinergi bersama Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan Pilkada Serentak 2020 yang sedikit berbeda karena Covid-19,” ujarnya.

Dirinya sangat paham bahwa para Babinsa dan Bhabinkamtibmas adalah aparat yang sangat dekat dengan masyarakat di wilayah. Maka sangat memungkinkan dalam peran dan tugasnya membantu sosialisasi terkait Pilkada Serentak yang dilakukan KPU.

Menanggapi permintaan Ketua KPU Provinsi Bali, Danrem 163/Wira Satya mengaku sangat mendukung dan akan membantu agar seluruh tahapan Pilkada di Bali berjalan aman, lancar dan sukses.

“Kita siap untuk mendukung dan membantu agar seluruh tahapan Pilkada ini berjalan aman, lancar dan sukses,” kata Danrem.

Terkait pelibatan para Babinsa dalam pelaksanaan sosialisasi Pilkada Serentak 2020 di Bali papar Danrem, maka semua akan dikoordinasikan baik dengan komando atas dan jajaran di wilayah.

“Kita siapkan personelnya, kita siapkan waktu yang tepat sehingga KPU pun nantinya siap memberikan pembekalan kepada semua Babinsa yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Danrem juga berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Bali yang akan dilaksanakan di enam Kabupaten/Kota yaitu Badung, Tabanan, Jembrana, Bangli, Karangasem dan Kota Denpasar dapat berjalan aman dan lancar.

“Kita paham selama pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada yang sudah berlangsung sebelumnya di Bali berjalan aman, lancar tanpa gesekan,” tutur Danrem.

“Ini perlu dijaga dan dipertahankan karena menunjukkan tingkat berdemokrasi masyarakat Bali sangat baik dan nantinya akan berbanding lurus dengan penilaian indeks demokrasi yang sudah baik akan semakin baik dan dapat menjadi contoh bagi pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia,” tegas Danrem. (awd)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan