BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Bisnis Berbekal Visa Berkunjung, Bule Belanda Ini Dideportasi

banner 120x600

Vanessa De Vries.(ist)
Denpasar | terasbalinews.com – Vanesa De Vries Turis asal Belanda yang diduga melakukan bsnis ilegal di Bali, akhirnya didepoetasi pihak Imgrasi Ngurah Rai, Bali ditengah merebaknya virus Covid-19 saat ini
Kasi Info dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Bali, Putu Suhendra menyampaikan laporan tentang keberadaan Vanesa di Bali terjadi sebelum adanya kasus Corona.
Sebagaimana hasil penyelidikan petugas, akhirnya memutuskan untuk dilakukan deportasi sejak 17 Februari 2020. Selebihnya pihaknya mengaku tidak berwenang menyampaikan. “Sudah dideportasi,” jawabnya singkat.
Sebagaimana diketahui bahwa wanita asal Belanda ini sebelumnya dilaporkan ke pihak Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Bali oleh
Sugiharto Widjaja.
Dia dilapirkan karena melakukan bisnis bodong dengan memanfaatkan VOA (Visa on Arrival) dan leluasa melakukan kegiatan bisnis pribadi di Bali.
Atas laporan itu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai melayangkan Surat panggilannya bernomor : W20.IMI 1.UM.01.01-715 tertanggal 20 Januari 2020 terkait pemanggilan Vanessa warga negara Belanda.
Sugiharto Wijaya kala itu sempat mengatakan bahwa Vanessa De Vries dipanggil Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. Tidak lain untuk dimintai keterangannya sehubungan kegiatan dan izin tinggalnya di Bali.
Sebagai pelapor Sugiharto menyertakan bukti-bukti kegiatan bisnis illegal yang dilakukan Vanessa. Antara lain Pavilion Grill Bar di Jalan Batu Belig Nomor 108 sejak 2012.
Meskipun bar tersebut sudah tutup, Vanessa rupanya menjalankan bisnis sewa menyewa villa di area Canggu, Kuta Utara. “Ya itu modusnya dia. Menyewa rumah atau vila penduduk setempat. Lalu dipasarkan kembali melalui agen property di Bali kepada bule yang lainnya dengan harga yang mahal, Rp 250 juta rupiah untuk masa sewa 5 bulan saja,” ungkapnya, Rabu (1/4).
Vanessa memasarkan vila tersebut melalui situs online seperti Facebook, Air BnB, dan Booking.com. Sewaktu ketahuan dirinya dilaporkan, postingan diberbagai platform tersebut kemudian dihapus.
Pelapor merupakan korban Vanessa yang ditipu dalam bisnis sewa menyewa vila. “Saya merasa tertipu. Awalnya dia mengaku sebagai pemilik dan saya bayar lunas untuk satu tahun. Ternyata vila tersebut kondisinya tidak baik dan kotor,” terangnya Sugiharto.
Pihaknya sempat mengeluh kepada Vanessa kala itu. Namun tidak mendapatkan respon sedikitpun. Selang dua bulan kemudian akhirnya berujung terbongkarnya kedok yang digunakan warga negara asing ini.
Ia pun mengantongi 60 lembar bukti pelanggaran yang dilakukan Vanessa. Dan telah diserahkan kepada petugas Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai. Di sisi lain, informasi yang didapatkan dari petugas keimigrasian bahwa Vanessa melakukan pelanggaran Undang-Undang Keimigrasian.
Karena hanya menggunakan VOA (Visa on Arrival) kemudian dengan leluasa melakukan bisnis pribadi di Bali. Apalagi sudah berlangsung sejak lama.
“Sudah lama tinggal di Bali. Berbisnis di Bali sekitar 10 tahun lalu. Bisnis lain yang dimilikinya berupa 14 vila dengan nama-yang berganti-ganti. Dari bisnis itu menghasilkan uang di atas Rp 1 miliar per-tahunnya,” terang Sugiharto.(zar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *