BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Byomantara Dorong Lulusan STP Bali Untuk Berani, Kreatif dan Inovatif Berwirausaha.

Foto - Drs Dewa Gede Ngurah Byomantara,M.Ed.
banner 120x600

BADUNG – Ketua STP Bali Drs Dewa Gede Ngurah Byomantara,M.Ed disela acara wisuda 606 sarjana STP, Senin (12/11/2018) di West In Hotel Nusa Dua mengatakan, pihaknya menargetkan serapan 100% lulusannya di dunia kerja, sesuai dengan instruksi Menteri Pariwisata kepada seluruh Perguruan Tinggi Pariwisata Kementerian Pariwisata.

“Kami juga mendorong lulusan STP Bali untuk berani, kreatif dan inovatif berwirausaha. Jiwa kewirausahaan penting untuk dikembangkan karena wirausahawan memiliki kesempatan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar, memberdayakan masyarakat dan tentu juga mencapai tingkat kehidupan yang mapan sebagai pencapaian personal,” sebutnya.

Dengan kompetensi yang telah dicapai oleh lulusan STP Nusa Dua Bali, diyakini bahwa lulusan STP Bali mampu untuk berwirausaha. Selain usaha kreatif, kuliner dan perjalanan, lulusan STP Bali juga dapat mulai melirik pengembangan usaha pariwisata berbasis komunitas, seperti pengembangan homestay, agrowisata, dan usaha integratif lainnya di dalam pemberdayaan desa wisata.

“Dengan kemampuan teknologinya sebagai bagian dari Generasi Emas lndonesia, lulusan STP Nusa Dua Bali juga diharapkan mampu mengembangkan industri pariwisata digital Indonesia,” ujar Byomantara sembari berujar, hal ini sejalan dengan instruksi Menteri Pariwisata terkait dengan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pengembangan 3C: Curriculum, Certification, dan Center of Excellence.

Lantas ia menjabarkan STP Bali telah masukkan nilai-nilai kewirausahaan. Hal ini untuk meningkatkan exposure kepada mahasiswa terhadap pola pikir bahwa berwirausaha adalah way of life, sehingga ke depannya akan ada perubahan paradigma bahwa kesuksesan tidak hanya berarti direkrut oleh hotel atau perusahaan besar saja, tapi kesuksesan juga dapat berarti membangun perusahaan sendiri, building their own empire. Selain itu, kurikulum STP Bali mengadopsi kurikulum standar ASEAN, sehingga lulusan STP Bali dapat bersaing dalam dunia kerja ASEAN bahkan dunia. Standar dunia kami berusaha bawa ke pembelajaran di STP Bali, salah satunya dengan membentuk Kelas Internasional bekerjasama dengan Pearson BTEC HND.

Byomantara juga menyampaikan bahwa akan mencanangkan untuk membentuk Center for English Mastery dengan menggandeng lembaga dunia yakni Victoria University, Australia. Saat ini, mahasiswa STP Bali didorong untuk menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, salah satunya dengan memberikan program matrikulasi khusus Bahasa Inggris pada awal program pembelajaran. Selanjutnya, bukan hanya program matrikulasi saja yang akan kami berikan untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa putra-putri kami. Program lainnya seperti penyediaan sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris yang berstandar global.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *