ParlementariaTeras Berita

Caleg Gerindra Ngurah Aryawan Gelar Edukasi Cara memilih Dibarengi Kuis

Foto - Ngurah Aryawan diantara ibu-ibu.

DENPASAR – Kehadiran ibu-ibu di rumah caleg Partai Gerindra untuk DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Barat 2 nomor urut 4, I Ketut Ngurah Aryawan, Minggu pagi (10/2/2019) mendadak riuh lantaran Ibu-ibu ini tampak “menyerbu” Ngurah Aryawan sambil menenteng specimen (contoh) surat suara untuk DPRD Kota Denpasar. Keceriaan nampak mewarnai suasana kebersamaan dalam acara kuis tata cara memilih dan edukasi politik yang digelar Ngurah Aryawan bersama puluhan ibu-ibu ini.

Cara unik dan kreatif edukasi pemilih melalui tata kuis tata cara memilih diisi dengan lomba paling tepat dan cepat memilih caleg DPRD Kota Denpasar.

Para ibu-ibu ini dituntut ketelitian dan kecekatannya dari membuka surat suara hingga menemukan nomor dan logo partai politik kemudian menemukan nama caleg yang hendak dipilih. Termasuk bagaimana mencoblos dengan benar agar tidak salah coblos.

Lomba dilanjutkan dengan presentasi dari para ibu-ibu ini mengenai tata cara memilih yang benar. Mulai dari mengenali warna surat suara, misalnya warna hijau untuk DPRD tingkat kabupaten/kota. Hingga menemukan nomor dan logo partai politik kemudian mencoblos nama caleg yang dianggap layak memperjuangkan kepentingan rakyat.

Awalnya para ibu-ibu ini mengaku bingung dan tidak tahu cara mencoblos yang tepat. Namun setelah mendapatkan edukasi ini, mereka mengaku bisa lebih paham.

Begitu juga saat sejumlah ibu-ibu ini mengikuti lomba presentasi tata cara memilih yang benar. Mereka juga bisa menjelaskan dengan fasih dan benar, walau awalnya agak grogi.

Walau awalnya gugup, tapi akhirnya mereka merasa senang dan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka pun makin percaya diri menunjukkan identitas bahwa perempuan khususnya kalangan ibu-ibu tidak awam sekali soal politik. Melainkan mereka mampu menjadi agen pembawa pesan politik dan ikut mencerdaskan pemilih lainnya.

“Saya senang bisa ikut acara ini dan tahu bagaimana cara mencoblos yang benar,” kata Ni Wayan Nani Lestari, salah satu warga Banjar Busung Yeh Kangin, Desa Pemecutan yang ikut lomba presentasi tata cara memilih.

Hal senada disampaikan, Ni Wayan Nadi warga Banjar Buana Kubu, Desa Padangsambian. “Saya senang dan sudah paham tata cara memilih. Saya juga bisa menyampaikan ke teman-teman,” katanya.

Caleg Partai Gerindra untuk DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Barat 2 nomor urut 4, I Ketut Ngurah Aryawan juga mengaku gembira melihat gelak tawa para ibu-ibu ini di tengah upaya edukasi politik sambil menunjukkan aksi nyata dan kepedulian sosial kepada masyarakat Denpasar yang dilakukannya.

“Saya bahagia karena kehadiran ibu-ibu ini. Apalagi mereka sangat antusias ikut kuis edukasi politik mengenal tata cara memilih yang tepat,” tegas Ngurah Aryawan yang juga Ketua Karang Taruna Kota Denpasar ini.

Ia menegaskan ingin masyarakat paham tata cara memilih lewat kuis. Jadi mereka tidak keliru pada Pileg dan Pilpres17 April nanti,” ungkap Ngurah Aryawan yang memang dikenal gencar memberikan edukasi politik kepada masyarakat salah satunya di sela-sela kegiatan pasar murah yang rutin digelar di berbagai wilayah di Denpasar Barat.

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif ibu-ibu dalam kuis edukasi tata cara memilih ini, Ngurah Aryawan memberikan mereka paket sembako untuk dibawa pulang. Mereka juga diharapkan mampu menularkan pemahaman kepada ibu-ibu dan kalangan masyarakat umum lainnya.

Ngurah Aryawan yakin juga yakin dukungan kalangan ibu-ibu ini sangat tulus, datang dari panggilan hati nurani, bukan karena paksaan dan tekanan. Ia juga yakin pilihan ibu-ibu ini tidak mudah dibelokkan apalagi dibeli dengan uang.

“Kenapa Ibu-ibu? Kami yakin 99 persen dukungan mereka tulus. Ibu-ibu tidak pernah bohong. Mereka tidak peduli godaan. Dengan modal komunikasi, kejujuran, kami akan terus gelorakan ke masyarakat pentingnya peran ibu-ibu ikut membangun politik dan demokrasi yang sehat,” tandas Ngurah Aryawan.(Red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan