Indeks

Cuaca Ekstrem, Tinggi Gelombang Laut Perairan Bali Capai 2 Meter

  • Bagikan
(Foto/Ist)

DENPASAR – Selama tiga hari kedepan tinggi gelombang laut di selat Bali bagian selatan diperkirakan mencapai 2 meter lebih. Tinggi gelombang juga berlangsung di selat Badung, selat Lombok bagian selatan dan samudera Hindia selatan Bali.

“BMKG mengimbau kepada masyarakat, nelayan dan pelaku kegiatan Wisata Bahari agar memperhatikan potensi tinggi gelombang laut yang diperkirakan berlangsung mulai 29-31 April 2019,” terang Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilavah III Denpasar, M. Taufik Gunawan, Jumat (29/3/2019) di Denpasar.

Terkait kondisi cuaca, Gunawan menyebut potensi hujan sedang akan berlangsung di wilayah Bali bagian Tengah, Utara dan Timur pada siang hingga sore hari. Suhu udara berkisar antara 23-32 °C, dengan kelembaban udara berkisar antara 60-93 persen.
Dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat diminta agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir dan genangan air serta pohon tumbang akibat angin kencang.

“Untuk masyarakat yang yang bermukim di wilayah seperti di pinggir bukit, agar waspada terhadap bencana tanah longsor,” kata Gunawan.

Dikatakan, tinggi gelombang laut serta hujan dikarenakan wilayah Bali telah memasuki musim transisi dari penghujan menuju kemarau. Suhu muka laut di sekitar wilayah Bali yang cukup hangat berkisar antara 28 30°C, yang memberikan kontribusi penguapan air untuk pembentukan awan-awan hujan.

“Seluruh masyarakat kami minta agar selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca ekstrem,” pesan Taufik Gunawan. (agw)

  • Bagikan
Exit mobile version