RonaTeras Berita

Dinas Pertanian Provinsi Bali Raih Penghargaan Adhyasta Prajaniti

(foto : Ist) Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, Ir. IB Wisnuardhana,M.Si., saat menerima penghargaan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster

DENPASAR – Penghargaan Adhyasta Prajaniti merupakan penghargaan yang diberikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai berhasil menerapkan Sistim Pengendalian Intern Instansi Pemerintah (SPIP) dengan baik.

SPIP, proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan OPD instansi dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset Negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Seleksi untuk memperoleh penghargaan yang dikoordinasikan oleh Inspektorat Provinsi Bali berjalan cukup panjang, mulai dari pembuatan laporan dan proposal, verifikasi oleh Tim dan pelaksanaan prosentasi/paparan Kepala OPD dihadapan Tim Juri Independen.

Beberapa indikator yang menunjukkan bahwa OPD telah menerapkan SPIP dengan baik antara lain; Tercapainya target fisik kegiatan 100% dan sesuai ketentuan; Terkelolanya keuangan secara efektif, efisien, akuntabel dan transparan; Dapat ditekannya penyimpangan-penyimpangan dalam pengelolaan kegiatan dan keuangan se rendah-rendahnya; Tingginya tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani.

Diperolehnya penghargaan Adhyasta Prajaniti  oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali karena sistim yang telah dibangun lebih menekankan pada integritas (kejujuran) dengan moto “melayani dengan sepenuh hati” yang dilakukan oleh seluruh SDM pada organisasi dimulai dari pimpinan sampai dengan staf terbawah.

“Diharapkan dengan diperolehnya penghargaan ini dapat lebih memacu semangat seluruh staf untuk bekerja lebih baik, lebih berintegritas dengan etos kerja yang terus ditingkatkan,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, Ir.IB Wisnuardhana, M.Si., usai menerima penghargaan di Denpasar, Rabu (14/8/2019).(wie)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan