Hukrim

Disiplin Diri Cara Efektif Cegah COVID-19, Kodim Tabanan Edukasi Warga Melalui Kearifan Budaya Lokal

Foto – Sosialisasi Covid-19 berbasis kearifan lokal. (ist)

 

 

TABANAN – Kodim 1619/Tabanan di masa Pandemi COViD-19 ini tidak bosan-bosannya mengembangkan inovasi dan mengangkat kreativias budaya lokal dalam mengedukasi warga masyarakat terkait COVID-19 di wilayah teritorialnya.

Kegiatan edukasi yang dimaksudkan agar mudah diterima oleh warga masyarakat tersebut dilaksanakan Minggu (31/5/2020), oleh Kodim 1619/Tabanan untuk kembali berinovasi melalui kreatifitas seni memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait tetap mengikuti anjuran pemerintah dan melaksanakan protokol kesehatan daam rangka menyambut dilaksanakannya tatanan era kehidupan baru.

“Kegiatan penyampaian himbauan dan sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat kembali kita laksanakan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa Pandemi COVID-19 masih sedang berlangsung dan kita sampaikan agar warga masyarakat Tabanan tetap mengikuti anjuran pemerintah dan mengikuti protokol kesehatan dengan kesadaran dan disiplin,” ujar Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Dewa Putu Oka saat memimpin kegiatan tersebut.

Pihaknya menghimbau warga masyarakat agar lebih desiplin melaksanakan protokol kesehatan yaitu rajin cuci tangan pakai sabun, wajib pakai masker, jaga jarak interaksi 1-2 meter, jaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), makan makanan yang seimbang dan bergizi serta tidak lupa untuk sama-sama berdoa kehadapan Tuhan Yang Maha Esa agar p
Pandemi COVID-19 segera berlalu.

“Kini kita gunakan kendaraan patroli namun dengan penampilan yang agak berbeda karena mobil ini kita hias sesuai dengan kearifan lokal termasuk anggota kita yang menyampaikan himbauan juga kita minta untuk berhias busana layaknya Bondres (Lawak Bali),” imbuh Kasdim.

Semoga apa yang kita lakukan ini dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 sehingga Warga Tabanan terbebas dari Virus Corona yang mematikan tersebut.

Selain menyampaikan Sosialisasi Kodim 1619/Tabanan juga membagikan brosur di sepanjang jalan yang dilewati dan areal fasilitas umum dengan rute, Makodim, Jalan Katamso, Lapangan Alit Saputra, Jalan Pahlawan Kantor Bupati Tabanan, Jalan Gajah Mada dan Pasar Tabanan, Jalan Pulau Menjangan dan Pasar Dauh Pala, Jalan Pulau Batam dan Pasar Dadakan Terminal Pesiapan Tabanan.

Sedangkan salah seorang masyarakat di Pasar Tabanan mengungkapkan bahwa tidak menyangka yang menyampaikan himbauan tersebut adalah Tentara dari Kodim 1619/Tabanan karena dari mobil serta hiasan orangnya tidak ada menunjukan gelagat tentara, ucapnya dan mengatakan kegiatan tersebut cukup kreatif dan menarik perhatian warga. (rls)

 

 

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan