RonaTeras Berita

Duta Bapang Barong Gianyar Singapadu Rencananya Akan Tampil di PKB 2019

(Foto/Ist)

GIANYAR -Singapadu yang terkenal dengan warisan berkesenian tak perlu diragukan lagi, desa yang dikenal dengan kaya kretaivitas seni baik dari karya seni pertunjukan maupun seni rupa sangat melesat di desa ini. Bahkan maestro-maestro pun lahir di desa ini.

“Dengan lahirnya bibit seniman muda Singapadu semakin melesat dengan karya apik seakan membuat antar seke teruna di Singapadu menjadi bersatu lewat ajang seni pertunjukan, nah kali ini Singapadu pun di tunjuk kembali sebagai duta di Pesta Kesenian Bali (PKB),” ujar Ketua Panitia, Wayan Sudana di Singapadu, Gianyar (17/6).

Baginya yang sebelumnya tidak pernah terlupakan bagi penikmat seni lewat komunitas Saptana Jagaraga Singapadu mampu menampilkan pertunjukan spektakuler sebagai duta gong kebyar dewasa Gianyar di PKB sekaligus memecah rekor penampilan termegah dan penonton terbanyak selama PKB. Karena itulah lantas Kabupaten Gianyar mengutus Komunitas Singa Barong Banjar Senguan Singapadu sebagai Duta Bapang Barong di PKB 2019 yang akan berlangsung Selasa,18 Juni 2019 di panggung Ksirarnawa.

Singa Barong Singapadu yang sudah eksis berpenampilan apik dari lomba di tahun 2005 yang di selenggarakan Museum Gunarsa Klungkung menyabet juara 1, hingga sampai saat ini munculnya bibit-bibit muda yang sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis medan panggung membuat seniman muda ini semakin percaya diri tampil di PKB.

Dijabarkan Sudana, Topeng dan Barong Ket yang sudah tersohor sejak awal abad ke-18 di Singapadu ini menjadikan seniman-seniman yang banyak tumbuh di desa ini. Desa Singapadu tidak lepas pula dari seni pertunjukan dramatari “Barong Ket” dan “Topeng”. Barong Ket, dengan lakon Kunti Sraya, sering kali disebut Barong Kunti Sraya, menceritakan pertarungan antara kekuatan baik (Barong Keket) dan jahat (Rangda) dramatari yang diciptakan tahun 1948.

Kali ini penampilan di PKB tahun 2019 hanya Bapang Barong, menampilkan pakem-pakem tari bebarongan yang sudah mendasar pada penampilan tari Barong Ket, ditiap Ngeratak Punggal Barong memiliki nilai tersendiri seakan Barong itu seolah hidup.

“Kami dari Komunitas Singa Barong optimis bisa berpenampilan baik. Kita juga tidak pernah lepas dari binaan seniman-seniman Singapadu yang memiliki skil di bidang pertunjukan Tari barong dan Tabuh Bebarongan, bahkan kami akan tampilkan seniman muda-muda yang kelak akan tumbuh kembali bibit generasi berkelanjutan,” ujar Wayan Sudana penuh harap.

Wayan Juliantara selaku Ketua Singa Barong, mengharapkan dukungan semua masyarakat Singapadu khususnya dan masyarakat Gianyar pada umumnya dalam pementasan. Sedangkan Sekee Singa Barong berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar atas kepercayaan yang diberikan sebagai Duta Lomba Bapang Barong di PKB 2019.(wie)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan