RonaTeras Berita

Eko Cahyono – Berbagi Tips Pengusaha Sukses di Forum Alumni Rotary Bali

Foto - (Tengah) H.M. Eko Budi Cahyono, S.E.,M.M.,M.H.

BADUNG – Potensi ekonomi kreatif di Bali sangat tinggi dan saat ini banyak digerakkan oleh anak-anak muda misalnya dengan mendirikan startup berbasis teknologi dan mengembangkan berbagai bentuk aplikasi. Ekonom dan pendiri Ekonomi Bali Creatif H.M. Eko Budi Cahyono, S.E.,M.M.,M.H., mendorong lebih banyak generasi muda Bali untuk menjadi wirausaha khususnya di sektor ekonomi kreatif.

“Tapi untuk menjadi pengusaha yang sukses harus ada tiga hal yang harus dimiliki yakni ilmu, mindset dan koneksi,” kata Eko Cahyono saat membagikan buku motivasi bisnis karyanya kepada peserta acara Forum Alumni Rotary Bali, di Dalung, Badung, Sabtu malam (6/10/2018).

Buku “best seller” yang dibagikan yakni “Sukses Ada di Pikiran dan Infrastruktur Ekonomi” dan “Solusi Karir Cemerlang.” Buku ini lahir atas dasar pengalaman pribadi dan praktik bisnis yang dijalankan Eko Cahyono baik sebagai pelaku ekonomi kreatif, pengusaha properti dan pengusaha di sejumlah sektor lainnya hingga sebagai konsultan ekonomi manajemen keuangan dan properti.

Pada intinya, kata Eko, ilmu, mindset dan koneksi harus secara simultan dimiliki seorang pengusaha agar bisa sukses. Ilmu ini menyangkut keahlian dan pemahaman atas usaha atau bisnis yang dijalankan. Sementara mindset adalah pola pikir benar sebagai seorang pengusaha yang juga harus berani mengambil risiko. Sedangkan koneksi menyangkut jaringan pertemanan yang dimiliki yang bisa memudahkan bisnis.

“Misalnya ingin buat restoran. Kita harus punya ilmu memasak dan menghadirkan menu terbaik, punya kawan atau calon pembeli, lalu bisa mengelola dengan mindset bisnis yang tepat. Maka usaha restoran ini bisa berjalan dan sukses,” papar Eko.

H.M. Eko Budi Cahyono, S.E.,M.M.,M.H.

Di sisi lain, selaku mantan anggota Rotary, Eko juga mendukung Rotary agar mampu mendorong masyarakat menggarap peluang ekonomi kreatif yang potensinya sangat besar di Bali.

“Ekonomi kreatif ini sangat luas. Ini adalah basic untuk mengembangkan usaha mandiri,” pungkas pria yang pernah mengabdi sebagai Tenaga Ahli Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal.

Ketua Forum Alumni Rotary Bali Agung Adnyana yang juga Presiden Rotary Denpasar mengatakan Rotary punya program terkait mendorong kewirausahaan di kalangan generasi. Apalagi diakui juga semakin banyak generasi muda yang ikut dalam program Rotary. Seperti Rotaract, Rotary Group Study Exchange, Rotary Youth Leadership Awards, Interact, dan Rotary Sponsored Club.

Foto – H.M. Eko Budi Cahyono, S.E.,M.M.,M.H., diantara para alumni Rotary.

“Kami memang dorong lebih banyak generasi muda ikut dalam berbagai program Rotary juga terkait dengan leadership,” kata Agung Adnyana didampingi salah satu inisiator Forum Alumni Rotary Bali, Barbara Purwa, yang juga Presiden Rotary Club Bali Kuta

Sementara Distric Gubernur Nominee D 3420 Rotary Indonesia Nyoman Suastika mengapresiasi dan mengaku terinspirasi dengan buku yang dibagikan Eko Cahyono ini. “Isi buku ini cukup menarik memberikan motivasi para alumni Rotary agar lebih semangat untuk menjadi pengusaha,” ujar pria yang juga Area Manager PT Clipan Finance Indonesia itu.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan