RegionalTeras Berita

FKIP Undwi Wujudkan Pengabdian Masyarakat di Desa Sedang, Badung

Foto - Rektor Universitas Dwijendra, Dr. Ir. I Gede Sedana, M.Sc., M.Ma.(Ist)

BADUNG – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra, Minggu (23/6/209) mengadakan kegiatan di Desa Sedang Kecamatan Abiansemal, Badung yang diikuti sekitar 350 peserta terdiri dari, mahasiswa, dosen, seka teruna, guru-guru SD, lansia serta tenaga kebersihan Desa Sedang. Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini yaitu “Membangun Budaya Hidup Sehat”

“Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salahsatu kewajiban Tridarma perguruan tinggi yang dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan,” ujar Ketua Panitia Sastra Winaya yang juga Dekan FKIP.

Dekan FKIP ini juga menyampaikan informasi tentang keberadaan Fakultas FKIP Dwijendra yang memiliki 4 program studi, yaitu: prodi PPKn, Prodi PGSD, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris selain disediakan beasiswa dan gratis SPP/DPP dan SKS selama delapan semester.

(Foto/Ist)

Dari tempat yang sama Rektor Universitas Dwijendra, Dr. Ir. I Gede Sedana, M.Sc., M.Ma., disela sambutannya menyampaikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh FKIP di Desa Sedang yang bertemakan membangun budaya sehat patut didorong terus. Apresiasi ini patut juga disampaikan kepada warga masyarakat, karena antusias warga masyarakat yang tinggi di dalam mengikuti acara ini.

Selain itu, Rektor juga merasa bangga dengan FKIP yang terus menerus berinovasi untuk mendukung program Gubernur, Walikota Denpasar dan Bupati Badung khususnya yang berkenaan dengan pembatasan penggunaan plastik/kantong plastik di masyarakat.

“Sampah plastik harus diperangi oleh warga msyarakat termasuk warga institusi pendidikan seperti FKIP, karena sangat membahayakan lingkungan udara, tanah dan air yang selanjutnya membahayakan kesehatan msyarakat. Kegiatan seperti ini harus diselenggarakan secara berkelanjutan dari desa ke desa,” sebutnya.

Untuk diketahui berbagai bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan FKIP pada pengabdian kali ini antaranya,
1. Ceramah tentang Inovasi dalam upaya mengurangi sampah plastik
2. Kegiatan aksi bersih-bersih di lingkungan dan pembagian tas ramah lingkungan kepada masyarakat Desa Sedang
3. Kegiatan Ceramah bagi Lansia tentang meningkatkan hubungan sosial yang menyenangkan dan manajeman stress pada lansia oleh ahli Psikologis.
4. Pelatihan Keterampilan Mc berbahasa Bali bagi Seka Teruna di Desa Sedang
5. Kegiatan Pelatihan kepada guru-guru tentang cara menanggulangi stigma dan tindak Bulliying terhadap anak yang orang tuanya positif HIV/AIDS.

Ketua panitia I Made Sastra Winaya, S.Pd.M.Pd menjelaskan, beberapa narasumber dihadirkan pada kegiatan kali ini antaranya, psikolog untuk ceramah lansia Ni Luh Arick Istriyanti, S.Psi., M.Psi., psikolog narasumber HIV AIDS, Ni Luh Gede Karang Widiastuti, pelatihan MC Bahasa Bali Dr. A.A. Gde Putra Semadi, M.Si. Disamping itu juga hadir Dr. I Ketut Suar Adnyana, S. S., M . Hum (WR1), Drs. I Made Sila, M.Pd (WR2), Drs. I Made Sutika, M. Si (WR3), LP2M diwakili Drs. I Nyoman Sujana, M. Si, Camat Abiansemal, Kepala Desa Sedang, Bendesa Adat Sedang, Ketua BPD, Ketua LPM, Babinkamtibnas dan Babinsa.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan