BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Nelayan Perhatikan Cuaca

banner 120x600

(foto : ist) Ilustrasi gelombang tinggi.
DENPASAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah III Denpasar memprediksi hujan ringan hingga lebat terjadi di beberapa wilayah di Bali seperti Bali bagian barat, tengah dan utara.
Kepala Balai BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan menerangkan, hujan Lebat yang terkadang disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat harus diwaspadai oleh masyarakat.
BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana seperti angin kencang secara tiba-tiba, pohon tumbang, genangan air, banjir dan tanah longsor.
“Angin umumnya bertiup dari arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 6-32 kilometer perjam. Suhu udara berkisar antara 22-34 °C, dengan kelembaban udara berkisar antara 55-90 persen,” kata Gunawan.
Sementara tinggi gelombang laut di Perairan Utara Bali, 25-27 Desember 2019 berkisar antara 0.25-1 meter, di Perairan Selatan Bali berkisar antara 0,75-2,5 meter, di Selat Bali berkisar antara 0,75-2,5 meter dan di Selat Lombok berkisar antara 0,75-2,5 meter.
Fenomena pasang maksimum air laut dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.
“Kapal-kapal dan para nelayan yang melakukan aktivitas di daerah tercantum dalam area peringatan dini di atas, diimbau untuk mempertimbangkan kondisi tersebut sebelum melaut dan selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG,” kata Gunawan.
“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada,” pesannya. (awd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *