ParlementariaTeras Berita

Gus Adhi – Gerakan Arah Maju Pertanian Bali Diyakini Mampu Tingkatkan Nilai Tambah Petani

Foto - AA Bagus Adhi Mahendra Putra.

DENPASAR – Potensi sumber daya alam dan SDM yang berkualitas serta didukung iklim yang favourable menjadikan Bali sangat cocok mengembangkan berbagai komoditas pertanian dan hal itu bisa dicapai melalui suatu Gerakan Arah Maju Pertanian Bali. Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra di sela-sela diskusi “Meneropong Aspirasi Bali di Senayan” yang digelar Forum Peduli Bali, Selasa (12/2/2019) di Kubu Kopi Tanjung Bungkak, Denpasar.

“Bali ini luar biasa. Jika berbicara pertanian dengan subaknya, Bali bisa menjadi lumbung pangan Indonesia Timur. Jadi ke depan bagaimana kita mengolah potensi yang terkait dengan subak ini agar bisa meningkatkan penghasilan petani lebih maksimal,” ujarnya.

Diskusi terbuka ini menghadirkan sejumlah pembicara Caleg DPR RI yakni A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra, I Gede Pasek Suardika, IGA Putri Astrid dan Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik serta pengamat politik Nyoman Wiratmaja,M.Si. juga dihadiri puluhan mahasiswa, aktivis dan masyarakat.

Menurut Gus Adhi, begitu politisi Golkar asal Kerobokan Badung ini kerap disapa, subak telah diakui sebagai warisan dunia namun belum mendapat perhatian nasional secara maksimal. Ini harus diperjuangkan sehingga keberadaan subak tidak hanya mengelola air saja tapi menjadi bagian penting dari ekonomi masyarakat Bali, sebagai pariwisata agro.

Gus Adhi menambahkan selain sebagai lumbung pangan, sektor pertanian bagi Bali sangat penting dalam mendukung pariwisata yang menjadi urat nadi ekonomi Bali. Sebagai daerah pariwisata, Bali juga sangat luar biasa.

Karena itu kebijakan pengembangan desa wisata hendaknya dilakukan dilakukan secara terpadu. Sehingga dolar yang ke Bali bisa langsung menyentuh masyarakat desa, ada penyeimbang pariwisata. Jadi dolar itu tidak hanya dinikmati segelintir orang saja.

Gus Adhi yakin jika potensi yang ada diberikan pengelolaan penuh ke masyarakat desa dan desa adat seperti halnya hutan mangrove maka Bali akan jadi agro wisata yang berkembang dan menjanjikan. Kalau ini terjadi maka kearifan lokal, peninggalan-peninggalan kuno akan bisa terjaga dengan baik.

“Jadi kalau terpilih kembali, saya mengajak teman-teman yang menjadi anggota legislatif maupun DPD untuk sama-sama menjaga dan melestarikan keunikan yang dimiliki Bali,” ujar Gus Adhi yang dikenal dekat dengan petani ini. (Red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan