RegionalTeras Berita

Kapolda Pantau Keamanan Bali

Pastikan keamanan saat pencoblosan

(Foto/Ist)

DENPASAR – Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose bersama Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan melakukan patroli keliling untuk mengetahui kelancaran serta keamanan Pemilu Serentak 2019 di wilayah Bali.

Salah satu lokasi yang didatangi yaitu TPS 5 dan 6 di Banjar Tengah Ubud, Gianyar. Kedatangan jenderal bintang dua di pundak ini disambut Wakil Gubernur Bali Tjokorda Gede Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) yang tengah mencoblos bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Ubud.

“Tujuan pengecekan ini adalah untuk memastikan keamanan pada saat pelaksaan pencoblosan,” kata Kapolda Bali kepada masyarakat yang menyambutnya, Rabu (17/4/2019) di Gianyar.

Irjen Golose lalu menyatakan, selain pengecekan pengamanan, ia juga ingin melihat secara langsung sosialisasi yang sudah dilakukan oleh KPU yaitu jika masyarakat sudah berada di TPS dan sedang mengantri, semua berhak menggunakan hak pilih hingga seluruh antrian selesai.

“Jadi tidak boleh dihentikan oleh KPPS setempat karena warga berhak menggunakan hak pilih sampai dengan seluruh antrian selesai. Kalau ini terjadi, itu adalah pelanggaran pidana dan akan dikenakan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” tegasnya.

Tidak hanya melakukan pengecekan pelaksanaan pencoblosan, Kapolda Bali Irjen Golose yang juga didampingi Dansat Brimob Polda Bali Kombes Pol Yopie Indra Prasetya Sepang menyempatkan diri untuk memberikan semangat kepada personel Polri yang tengah melaksanakan pengamanan di TPS.

Usai dari Gianyar, Kapolda kembali melakukan patroli berkeliling menggunakan helikopter dengan mendatangi TPS-TPS di wilayah Bali. Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hengky Widjaja menjelaskan, patroli tersebut merupakan wujud kerjasama Polri bersama stakeholder lain untuk menjamin pelaksanaan pesta demokrasi berjalan dengan aman.

“Selain patroli udara, Bapak Kapolda juga akan melakukan patroli melalui jalur darat dan laut sehingga kegiatan pemilu 2019 dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk. Silahkan menikmati pesta demokrasi ini, kami siap mengamankan,” kata Kabid Humas. (awd)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan