BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Kodim Badung Gandeng Subak Grana Tingkatkan Ketahanan Pangan

(Foto/Ist)
banner 120x600

BADUNG – Sinergitas antara Kodim 1611/Badung dengan kelompok tani (Poktan) atau Sekaa Subak untuk tingkatkan program ketahanan pangan.
Hal ini ditandai melalui tanam padi bersama yang melibatkan Kodim 1611/Badung dengan Sekaa Subak Grana Muduk Pala, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Sabtu (20/4/2019), di area persawahan Subak setempat.

Mewakili Dandim 1611/Badung Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo, SE., Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1611/Badung Mayor Inf Putu Sukadana memimpin kegiatan tersebut .

“Menyikapi masalah ketahanan pangan Kodim 1611/Badung bekerja sama dengan Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Badung, termasuk dengan instansi terkait di tingkat kecamatan,” kata Pabung.

Seperti pelaksanaan kegiatan ini di wilayah Kecamatan Abiansemal, tepatnya di Subak Grana Desa Sangeh, yang dihadiri75 orang.

Lahan pertanian yang digarap katanya, seluas 1 hektare dan ditanami padi jenis Ciherang. “Kegiatan ini terkait program ketahanan yang merupakan program percontohan dengan membangun sinergi dan kerja sama dengan para petani Subak Grana Munduk Pala, Desa Sangeh,” kata mantan Kapenrem 163/Wira Satya itu.

Pihaknya berharap program ini dapat berjalan baik dengan menerapkan metode pola tanam yang benar, sesuai dengan bimbingan dan petunjuk dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian Kecamatan Abiansemal. Sehingga pada saat panen hasilnya akan maksimal dan menguntungkan bagi para petani dan penyediaan logistik beras di wilayah Abiansemal.
Dinas Pertanian Kabupaten Badung melalui Kepala UPT Pertanian I Ketut Purwita merespon positif kerja sama antara TNI, khusnya jajaran Kodim 1611/Badung dengan Para Petani Subak Gerana Munduk Pala.

Pendampingan oleh pihak TNI dan kerja sama dengan PPL dapat mengarahkan petani dengan baik dan benar dalam menerapkan pola tanam.

Pekaseh (Ketua) Subak Grana Mundu Pala, I Made Lasia menyampaikan hal yang sama, di mana pendampingan yang dilakukan TNI dan PPL mampu memotivasi para petani untuk menggarap lahan pertanian yang dimiliki dengan pola tanam yang benar, sehingga hasil yang diperoleh lebih baik dan maksimal.

“Intinya kami dari warga Subak Grana merespon baik dan positif kerja sama aparat TNI, Dinas Pertanian, dan PPL dengan para petani dalam memberikan ilmu pengetahuan, sekaligus diterapkan di lapangan”, katanya.

Turut hadir dalam acara tetsebut, Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya, SSos., Perbekel Sangeh I Made Werdiana, PPL Sangeh I Made Pageh, Kepala UPT Pertanian I Ketut Purwita, Danramil 1611-04/Mengwi, Danramil 1611-05/Abiansemal, Danramil 1611-06/Petang, Pasiter Kodim 1611/Badung, Bendesa Adat Sangeh IB Sunart, SSos., para Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Sekaa Subak Grana Munduk Pala Desa Sangeh. (moe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *