RegionalTeras Berita

Kodim Klungkung Bangun 480 Jamban bagi Warga Kurang Mampu

Pola hidup sehat

(Foto/Ist)

KLUNGKUNG – TNI terus berupaya semaksimal mungkin membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya, termasuk dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mewujudkan pola hidup sehat. Sebagai wujud kemanunggalan TNI-rakyat, melalui bhakti TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Kodim 1610/Klungkung menargetkan untuk membangun 480 unit jamban bagi warga kurang mampu.

Program jambanisasi ini adalah upaya jajaran TNI Angkatan Darat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah, terutama yang belum memiliki jamban. Program jambanisasi ini dilakukan oleh seluruh satuan TNI AD, karena menyadari sepenuhnya bahwa prajurit TNI lahir dari rakyat dan siap berbuat yang terbaik untuk rakyat.

Kodim 1610/Klungkung terus mewujudkan program “Gema Sang Juara”, yaitu suatu program bantuan jamban keluarga bagi masyarakat kurang mampu. Program ini membantu Pemkab Klungkung untuk meningkatkan taraf hidup warga dalam hal kesehatan dan hieginitas. Demikian dikatakan Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, SE., M.Tr. (Han)., Selasa (16/4), yang menargetkan pengerjaan 480 unit jamban sehat yang tersebar di seluruh jajarannya, yaitu di 4 kecamatan, yang terdiri dari 53 desa dan 6 kelurahan.

Mengingat, kebiasaan sebagian masyarakat yang masih buang air besar di sembarang tempat, seperti membuang air besar di sungai serta di area perkebunan, di mana hal tersebut tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan. Untuk itu, Dandim mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan guna menciptakan lingkungan yang sehat, dengan membiasakan hidup bersih dan sehat.

Danramil 1610-02/Banjarangkan Kapten Inf I Ketut Suwarta menambahkan, kegiatan jambanisasi ini akan terus dilanjutkan, karena merupakan program Kodim 1610/Klungkung. Selanjutnya melalui para Babinsa dibantu seluruh warga setempat untuk merealisasikan program jambanisasi ini secara gotong-royong.

“Karena keterbatasan tenaga, maka pengerjaannya dilaksanakan secara gotong royong bersama warga,” jelas Kapten Suwarta.

Seperti yang dilaksanakan di rumah Ketut Kartana (51), warga Banjar Negari, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, di mana bersama Babinsa Sertu Gede Adiasa yang bergotong royong dengan warga untuk mengerjakan program jambanisasi tersebut.

“Semoga program ini bermanfaat bagi warga dan bisa merubah pola hidup warga menjadi lebih baik dengan derajat kesehatan yang baik pula,” harap Sertu Gede. (moe)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan