EkbisTeras Berita

Layanan Kas Keliling BI Jelang Hari Raya

(Foto/Ist)

DENPASAR – Salah seorang warga Denpasar, sebut saja Siswo begitu antusias berdiri di antrian layanan penukaran uang yang diagendakan KPw BI Bali di Parkir Timur Lapangan Renon, Denpasar, Rabu (21/5/2019). Siswo yang asli Cirebon, Jawa Barat yang telah menetap di Denpasar, menyambut hari raya Idul Fitri 1440 H berencana pulang kampung. Namun karena banyak sanak saudara di kampung, untuk sekedar memberikan oleh-oleh ia pun memanfaatkan momen layanan penukaran uang pecahan kecil untuk menukarkan uangnya sekitar Rp4.400.000.

“Saya tukarkan uang pecahan 2 ribuan 5 ribuan, 10 ribuan juga 20 ribuan untuk di bawa pulang ke kampung saat lebaran nanti,” sebutnya.

(Foto/Ist)

Menurutnya, ia tahu ada informasi penukaran uang pecahan kecil dari informasi temannya, makanya tanpa menyia-nyiakan kesempatan yang ada ia bergegas menuju parkir Timur Lapangan Renon sejak pagi untuk mendapat nomor antrian.

“Ini kali pertama saya menukarkan uang pecahan disini, biasanya agak kesulitan kalau menukarkan di tempat lain,” ungkapnya.

Seperti diketahui dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri 1440 H Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) BI Bali melakukan pelayanan penukaran uang pecahan kecil dan uang baru di tempat terbuka atau umum dengan menggandeng pihak perbankan.

Layanan kas keliling ini yang sudah dilakukan yaitu pertama kas keliling luar kota dari tanggal 6-8 Mei 2019 di Karangasem, 13-15 Mei 2019 di Jembrana kemudian lanjut 20-22 Mei 2019 di Kabupaten Buleleng.

“Saat ini kita juga lakukan layanan kas keliling di lapangan parkir timur, Renon bersama perbankan mulai tanggal 22 sampai 31 Mei 2019. Jadi setiap hari kita buka mulai jam 9 pagi sampai jam 12 siang,” ujar Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana yang ditemui di sela kegiatan.

(Foto/Ist)

Selain itu BI juga meminta kepada perbankan untuk melayani penukaran uang pecahan kecil dan uang baru di 196 titik lokasi yang terdiri daripada 51 bank umum mulai 20 Mei sampai dengan 31 Mei 2019.

“Jadi silahkan masyarakat menukar uangnya di perbankan ataupun kas keliling yang disediakan untuk mendapatkan uang yang asli hitungannya cepat,” katanya.

Sedangkang jumlah yang disiapkan BI untuk menyambut hari raya kali ini mencapai Rp4,4 triliun untuk kebutuhan hari raya dan liburan kali ini. Jumlah uang yang disediaka BI meliputi uang pecahan besar Rp4,2 T, pecahan kecil Rp198 Milyar.

“Permintaan uang pecahan kali ini meningkat 30 persen dibandingkan tahun lalu seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat,” ungkap Causa. (wie)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan