NasionalTeras Berita

Mataram Diguncang Gempar 2,8 SR, BMKG Sebut Tidak Berpotensi Tsunami

(foto : Ist) Gempa bumi guncang wilayah Mataram, NTB.

DENPASAR – Gempa bumi dengan kekuatan 2,8 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (15/9/2019) pukul 20.39 WITA. BMKG menyebut pusat gempa berada di barat laut Lombok Barat pada kedalaman 13 km.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan menerangkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

“Guncangan akibat gempa bumi dirasakan masyarakat yang bermukim di wilayah Mataram dan Lombok Barat. Getaran terasa hingga di dalam rumah seperti ada truk melintas,” terangnya.

Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga meminta masyarakat untuk memeriksa bangunan tempat tinggal miliknya untuk mengetahui apabila terdapat kerusakan akibat getaran gempa.

“Mohon cermati dan terus berlatih langkah-langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempa bumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa, saat dan setelah gempa bumi,” kata Gunawan. (awd)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan