EkbisTeras Berita

Meliyadi Semiring – BPR Kanti Satu Satunya BPR Yang Salurkan KUR di Dunia

DENPASAR – Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Meliyadi Semiring mengapresiasi berbagai terobosan BPR Kanti. Termasuk menjadi BPR pertama di Indonesia bahkan di dunia yang menyalurkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) pada pelaku UKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

“Selamat kepada BPR Kanti sudah menjadi BPR penyalur KUR pertama di dunia. Karena KUR hanya ada di Indonesia,” katanya di sela-sela acara Meet & Greeting Stakeholder Gathering BPR Kanti 2018 di Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Jumat (24/8/2018) malam.

Apresiasi ini dilontarkan sebab BPR Kanti juga menjalin kerjasama dengan Bank BPD Banten dan JTrust Bank Jepang untuk penyaluran kredit kepada pengusaha UKM Bali. Termasuk juga MoU pembentukan Kanti Banking University dengan Charindo Training Development & Consulting.

Kementerian Koperasi dan UKM mendukung langkah BPR Kanti meningkatkan koordinasi dan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk mengajak mitra atau stakeholder maju bersama.

“BPR Kanti banyak penghargaan. Banyak juara, artinya ini sehat. Tak mungkin juara kalau pengelolaan tak profesional,” tukasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BPR Kanti I Made Arya Amitaba SE.MM.,dalam sambutannya mengatakan bahwa banyak kemajuan dan prestasi diraih perusahaannya. Pada September nanti BPR Kanti meraih penghargaan BPR Award yang rencananya diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tentu saja Ini akan melengkapi segudang penghargaan sebelumnya yang diraih sejak tahun 2001. BPR Kanti juga menerima penghargaan dari Infobank dengan predikat”Sangat Baik” selama 8 tahun berturut-turut dari 2010 sampai 2017.

Menjelang usia 30 tahun di tahun 2019, kinerja keuangan juga cukup mentereng. Tahun ini jumlah aset tercatat Rp 368 miliar, tumbuh 12,75 persen yoy (year on year). Kredit tersalurkan sebesar Rp 322 miliar.

BPR Kanti juga tumbuh 12,65 persen yoy (year on year). Jauh di atas rata-rata pertumbuhan BPR di Bali yang hanya 6,44 persen. Dana masyarakat sebesar Rp 317 miliar, tumbuh 12,65 yoy (year on year).

Sementara itu acara Meet & Greeting Stakeholder Gathering BPR Kanti 2018 menghadirkan keynote speaker Menteri Koperasi dan UKM AA Gede Ngurah Puspayoga yang diwakili Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Meliyadi Semiring. Diisi pula sesi diskusi “Ouolook Economy Menjelang 2019” dengan pembicara Wakil Gubernur Bali terpilih periode 2013-2023 Dr. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace dan praktisi ekonomi Birahinya Bagoes Oka MA.MBA dengan moderator Prof. I Nengah Dasi Astawa.

Acara malam itu juga dimeriahkan dengan penyerahan CSR (Corporate Social Responsibility) kepada sejumlah pihak. Termasuk yang paling ditunggu penarikan undian Tabungan ArisanKu dengan hadiah utama satu unit mobil Toyota Agya TRD Sportivo serta berbagai door prize menarik bagi nasabah dan undangan.(red)

 

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan