BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Mendagri Optimistis Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 Lampaui Target

(Foto/Ist)
banner 120x600

SURABAYA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku optimistis partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019 bisa melebihi target di atas 77,5 persen yang ditargetkan KPU. Mendagri juga yakin pemilih dari generasi muda akan menggunakan hak pilihnya dan tidak bersikap golput.

Mendagri mengaku optimistis karena hingga kini tingkat perekaman KTP elektronik sudah mencapai 98,5 persen dan Mahkamah Konstitusi (MK) juga sudah membuat putusan untuk membolehkan penggunaan surat keterangan memilih (Suket) sebagai syarat untuk memilih pada Pemilu Serentak 2019.

“Saya optimistis partisipasi pemilih bisa di atas 77,5 persen lebih, mudah-mudahan bisa mencapai 80 persen,” ujarnya, kemarin.

Mendagri juga yakin pemilih dari generasi muda tidak bersikap golput. “Saya cukup optimis bahwa tingkat golput dari generasi muda ini akan berkurang. Kami tidak bisa memprediksi harus tidak ada, karena golput itu sebuah pilihan. Tapi, saya kira sebagai warga negara yang punya hak pilih dan hak konstitusionalnya terjamin saya kira dia akan menggunakan hak plihnya, yang dia yakini benar dan yang dia yakini baik,” ujar Tjahjo.
Ditanya soal dua persen warga yang belum melakukan perekaman KTP-el, Mendagri berharap warga masyarakat untuk bersikap pro-aktif. Ia mengungkapkan warga yang belum merekam data kependudukan, paling banyak di perkotaan dan ada yang tinggal di luar negeri.

“Ya proaktif masyarakat. Paling banyak di perkotaan, ada sebagian yang di luar negeri, sebagian ada yang di Papua. Warga di kota- kota besar yang mungkin mereka sulit untuk meluangkan waktu ke Dinas Dukcapil, atau warganya yang sering ke luar negeri, ini tergantung sikap proaktif masyarakat,” kata Mendagri.  (moe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *