RegionalTeras Berita

Musim Kemarau Debit Sumber Air di Desa Belimbing Menurun 

Foto - Ida Bagus Marjaya Wirata (kanan) didampingi I Gede Wijana Arnawa Kasubag Humas PDAM Tabanan.

TABANAN – Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Marjaya Wirata menjelaskan, debit air sumber mata air Mekori yang ada di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Tabanan berkurang 60 persen. Akibatnya 400 sambungan pelanggan PDAM menggunakan air secara bergilir. Debit air menurun karena Tabanan sudah memasuki musim kemarau. penurunan debit air sebanyak 60 persen sudah terjadi sejak bulan Agustus 2018. Kondisi ini pun memang terjadi setiap tahun ketika musim kemarau tiba.

“Sebenarnya ini adalah kondisi yang biasa,” akunya, Minggu (30/9/2018).

Dengan kondisi itu kata Marjaya sudah melakukan antisipasi. Sebanyak 400 sambungan rumah tangga penggunaan sumber mata air digilir setiap hari. Pemberlakuan sistem gilir sudah dilakukan dua hari.

“Biasanya normal sumber mata air mekori mengeluarkan debit 5 liter, tetapi kalau musim kemarau menjadi 2,5 per detik,” terangnya.

Marjaya menambahkan sejak musim kemarau terjadi, total penurunan debit air diseluruh sumber mata air yang ada di Tabanan mencapai 15 persen. Namun ini tidak mempengaruhi pelayanan. Ini terjadi di sebagaian besarTabanan bagian barat, namun Tabanan bagian timur kondisinya masih aman.

Sementara itu Perbekel Desa Belimbing I Made Adi Suyana membenarkan jika didaerahnya memang sedang terjadi penurunan debit air di sumber mata air mekori. Sehingga sebagian warga penggunan air dilaksanakan bergilir.

“Dari 8 banjar yang ada di Desa Belimbing, tidak semua kena imbas, karena ada beberapa warga punya kelompok menggunakan sumber air lain secara swadaya,” tegasnya.

Dirinya pun menambahkan, warganya yang menggunakan sistem air secara bergilir sudah berlangsung dua hari. Dan kejadian ini sering dijumpai saat musim kemarau.

“Sekarang sudah musim kemarau, tetapi warga kami tidak sampai kelimpungan karena ada sumber mata air yang bisa dimanfaatkan,” tandas Suyana. (tra)

 

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan