BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Pangdam IX/Udayana Lantik 359 Tamtama TNI AD Baru

(Foto/Ist)
banner 120x600

SINGARAJA – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP.., melantik sebanyak 359 siswa yang dinyatakan lulus mengikuti pendidikan dasar militer selama lima bulan dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier TNI Angkatan Darat (AD) Gelombang II TA 2018, di Lapangan Chandradimuka Secata Rindam IX/Udayana, Singaraja, Sabtu (13/4/2019).

Pada kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan, dengan dilantik menjadi prajurit TNI AD, maka status para prajurit yang baru dilantik tersebut mengalami peralihan dari warga masyarakat umum biasa, sekarang menjadi seorang prajurit TNI yang profesional untuk nantinya bertugas menjaga, menegakkan dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan status baru sebagai prajurit TNI AD yang tanggap, tanggon, dan trengginas, harus senantiasa menjaga sikap, mental, perilaku, dan jati diri sebagai seorang prajurit yang memiliki pola pikir dan bertindak positif serta dedikasi dan disiplin tinggi demi terwujudnya prajurit sejati yang profesional.

Lebih lanjut Pangdam berharap kepada para prajurit yang baru dilantik, terkait ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan dapat dijadikan sebagai bekal untuk menempuh pendidikan lanjutan sesuai kecabangan masing-masing.

Saat ini kata Pangdam, bangsa Indonesia sedang melaksanakan pesta demokrasi, di mana situasi terpenting pada 17 April 2019 mendatang akan dilaksanakan Pileg dan Pilpres secara serentak. Untuk itu, sebagai prajurit TNI harus tetap memegang teguh netralitas TNI dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis.

“Sebagai prajurit harus selalu menghayati dan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI secara baik dan benar,” tegas Jenderal Benny Susianto.

Disela upacara penutupan, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP., mengatakan, selama lima bulan pendidikan yang diikuti para prajurit tersebut dinilai secara obyektif prestasi perorangan berdasarkan Tri Pola Dasar Pendidikan.

(Foto/Ist)

“Pertama, penilaian prestasi aspek sikap dan perilaku diraih Prada Stefanus Kira. Kedua, aspek pengetahuan dan keterampilan diraih Prada Abdi Kurnia Aji. Ketiga, aspek jasmani militer diraih Prada Usman. Selanjutnya akumulasi penilaian dari ketiga aspek tersebut, nilai tertinggi/juara umum diraih oleh Prada I Wayan Gede Astawa,” jelas Kolonel Jonny Harianto.

Kapendam menambahkan, terkait pendidikan kecabangan yang akan diikuti oleh 359 Prajurit lulusan Dikmata Rindam IX/Udayana ini terbagi menjadi 12 kecabangan, diantaranya Infanteri, Kaveleri, Armed, Arhanud, Zeni, Perhubungan, Bekang, Peralatan, Polisi Militer, Kesehatan, Keuangan, dan Topografi.

Di mana, pendidikan kecabangan tersebut dilaksanakan selama 12 minggu, mulai 22 April 2019 sampai 13 Juli 2019. Selanjutnya, para prajurit remaja ini akan ditempatkan di sejumlah kesatuan TNI AD di seluruh wilayah di Indonesia.
Upacara Dikmata PK TNI AD Gel. II TA 2018 berjalan aman dan tertib, diakhiri dengan acara demontrasi yang diperagakan oleh para prajurit Tamtama yang baru dilantik, diantaranya bongkar pasang senjata, kolone senapan, senam balok, sparko, senam barbel, mountenering (snapling), dan bela diri Yongmoodo.
Turut hadir pada upacara tersebut, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, sejumlah Komandan/Kabalak Satuan jajaran Kodam IX/Udayana, Ketua dan Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana, Bupati Buleleng (diwakili), Forkopimda Kabupaten Buleleng, Rektor Undiksa, dan Kapolres Buleleng serta undangan lainnya. (moe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *