BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Pangkalan TNI AL Ternate Evakuasi Korban Hilang

(Foto/Ist)
banner 120x600

TERNATE – Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate turut serta membantu Kantor SAR Ternate dalam mengevakuasi korban hilang saat berkebun di Pelabuhan Semut Mangga Dua Kota Ternate, Kamis (4/07/2019).
Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto S.E.,M.H. menyampaikan bahwa Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate selalu bersinergi dengan berbagai instansi samping seperti yang saat ini dilaksanakan Lanal Ternate dengan ikut serta membantu Kantor SAR Ternate mengevakuasi Korban hilang saat berkebun yang di temukan oleh tim SAR di perairan pulau Maitara.
“Korban atas nama Samsudin umur 51 tahun warga kelurahan Tongole Kecamatan Ternate Tengah di laporkan hilang pada hari Selasa tanggal 2 Juli 2019 saat pergi berkebun bersama cucunya sehingga pihak keluarga korban melaporkan ke Kantor SAR Ternate untuk dilaksanakan pencaharian,” ucap Danlanal.
Lantas Danlanal menerangkan, pada hari rabu Tim SAR Gabungan dibantu masyarakat melaksanakan penyisiran di sepanjang aliran sungai yang berdekatan dengan kebun korban karena di duga korban terseret arus air sungai yang terjadi pada saat hujan deras mengguyur wilayah kota Ternate . Tim SAR gabungan melaksanakan pencaharian dari Hulu sampai dengan hilir sungai yang berakhir ke Laut di sekitar Tabona dengan melaksanakan penyelaman di perairan mulut sungai, namun pencarian hari pertama tidak membuahkan hasil karena arus bawa air laut sangat kencang.

(Foto/Ist)

Selanjutnya pada hari Kamis tanggal 04 Juli 2019 Tim SAR gabungan kembali melaksanakan pencaharian dengan rencana akan melaksanakan penyelaman di perairan sekitar mulut sungai dari tempat kejadian korban hilang. Pangkalan TNI AL Ternate mengirimkan 3 penyelam antara lain Serka Anan, Serka Nasrun, Koptu Niko.
Namun belum sempat para penyelam dari gabungan tim SAR turun untuk melaksanakan pencaharian bawa laut, Tim SAR mendapat informasi bahwa ada korban yang mengapung di sekitar perairan Pulau Maitara yang ternyata adalah Samsudin korban yang hilang saat berkebun kemudian oleh Tim SAR gabungan di laksanakan evakuasi dengan menggunakan RIB dari Basarnas Kota Ternate dan Jenazah di turunkan dipelabuhan semut mangga dua selanjutnya di bawa menuju rumah duka di kelurahan Tongole.
Lebih lanjut Danlanal mengatakan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lanal bertujuan membantu Kantor SAR Ternate dalam setiap ada kejadian atau bencana sebagai bentuk kontribusi dan sinergitas Lanal Ternate dengan Pemda maupun instansi samping untuk membantu masyarakat Maluku Utara.(rls/udi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *