EkbisTeras Berita

Pelabuhan Benoa – Raih Penghargaan  Kementerian Perhubungan

Foto - CEO Pelindo III Regional Bali Nusra, I Wayan Eka Saputra. (Ist)

DENPASAR – Terminal Penumpang Internasional Pelabuhan Benoa meraih Penghargaan Prima Madya dari Kementerian Perhubungan. Penyeraahan penghargaan ini diterima CEO Pelindo III Regional Bali Nusra, I Wayan Eka Saputra ,Senin, (17/9/2018) bertepatan dengan Hari Perhubungan yang bertempat di Jakarta Convention Center. Penyerahan penghargaan ini dihadiri langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Penghargaan ini membuktikan bahwa Pelabuhan Benoa sudah semakin nyaman untuk penumpang internasional khususnya wisatawan kapal pesiar dan terus melakukan peningkatan kualitas layanan.

“Penghargaan ini tentu akan menjadi pemantik semangat bagi Pelindo III Benoa untuk terus melakukan pembenahan dan meningkatkan kualitas layanan serta kenyamanan wisatawan,” ujar Eka Saputra saat ditemui di Kantor Pelindo III Cabang Benoa, Selasa (19/2018).

Penilaian ini dilakukan Tim Independen yang salah satunya juga melibatkan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) yang juga melakukan kunjungan lapangan penilaian langsung ke Pelabuhan Benoa belum lama ini. Sejumlah indikator yang dinilai seperti kebersihan, kenyamanan terminal. Termasuk juga penataan areal terminal dan fasilitas yang ada di dalam serta aspek pelayanan pada penumpang.

Sementara itu saat ini terima terminal penumpang internasional kapal pesiar juga ditingkatkan kapasitas dan fasilitasnya sehingga bisa menampung lebih dari tiga ribu wisatawan.

“Saat ini kapasitas terminal penumpang internasional hanya 1.300 penumpang. Nanti kapasitasnya akan ditingkatkan jadi 3.500 penumpang. Kami targetkan Maret 2019 perluasan dan penataan terminal penumpang internasional ini bisa rampung,” terang Eka Saputra yang mantan GM Pelindo III Cabang Benoa itu.

Selain itu, nantinya ketika kapal pesiar bersadar dan wisatawan turun, mereka akan langsung disambut tari-tarian agar terkesan dan semakin betah datang ke Pelabuhan Benoa.

“Semua upaya itu kami lakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa,” terang Eka Saputra.

Secara keseluruhan, Pelindo III Group memperoleh 11 penghargaan Pelayanan Prima Kementerian Perhubungan. Adapun 6 kategori Penghargaa Prima Utama diperoleh Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Terminal Penumpang Pelabuhan Banjarmasin, Terminal Petikemas Surabaya, PPSA Tanjung Perak, Terminal Petikemas Pelabuhan Banjarmasin dan Terminal Teluk Lamong.

Sementara lima Penghargaan Prima Madya diraih PPSA Pelabuhan Banjarmasin, BJTI Port, Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Terminal Petikemas Semarang, Terminal Penumpang Pelabuhan Benoa.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan