RonaTeras Berita

Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Baru Dwijendra University Diajak Terjun ke Desa Padangsambian Kaja

(foto : Ist) Mahasiswa Baru Dwijendra University Diajak Terjun ke Desa Padangsambian Kaja.

DENPASAR – Serangkaian kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (OMARU) Dwijendra University, para mahasisiwa diajak langsung berinteraksi denga warga di Desa Padangsambian Kaja, Denpasar, Minggu (8/9/2019). Desa Padangsambian Kaja dipilih untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertemakan “Lingkungan Asri Bebas Sampah Plastik”.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor Dwijendra University Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc. MMA., yang didampingi seluruh pimpinan universitas serta dosen dan pegawai. Hadir dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah Plt Kepala Desa Padangsambian Kaja dan staf, Badan Permusyawaratan Desa serta Babinsa di lingkungan desa.

Pada kesempatan ini Gede Sedana memberikan ceramah tentang pengendalian sampah plastik yang didasarkan pada Peraturan Gubernur Bali No. 97 Tahun 2018 tentang pembatasan timbulan plastik sekali pakai dan Peraturan Walikota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Dalam ceramahnya Gede Sedana mengajak dan menghimbau seluruh mahasiswa baru dan warga masyarakat yang hadir agar sejak dini mampu mengendalikan dan mengurangi penggunaan kantong plastik baik di lingkungan keluarga dan juga di masyarakat.

“Tingginya penggunaan kantong plastik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sampah plastik. Sementara itu, dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastik adalah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya (tanaman dan hewan) serta lingkungan fisik lainnya seperti udara, air dan tanah,” sebutnya.

Rektor Dwijendra University juga berpesan, masyarakat dan mahasiswa senantiasa untuk berperan dan berkontribusi yang nyata kepada pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten/kota di Bali di dalam menjaga lingkungan alam, seperti memerangi sampah plastik dari hulu sampai ke hilir.

Seusai sambutan acara dilanjutkan dengan penyebaran mahasiswa baru, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Dwijendra dan warga masyarakat untuk melakukan “Saber” yaitu sapu bersih di beberapa dusun sampai di Pasar Batukandik.

Pada kesempatan ini, Rektor Dwijendra University menyerahkan batuan berupa tempat (tong) sampah dan tunai untuk peningkatan prasarana pengelolaan limbah plastik.

Usai melakukan pengabdian masyarakat di hari yang sama kegiatan OMARU ditutup secara resmi oleh Rektor di Aula Sadhu Gocara Yayasan dwijendra. Sebelum penutupan acara, BEM Dwijendra University menyerahkan berbagai hadiah kepada para pemenang juara untuk beberapa kegiatan permainan yang diikuti oleh mahasiswa baru.

Secara khusus, Gede Sedana selaku Rektor juga membagi-bagikan hadiah kepada para pemenang lomba. Rektor juga selanjutnya menyerahkan mahasiswa baru kepada masing-masing Dekan di lingkungan Dwijendra University yang dibarengi dengan sambutan meriah oleh seluruh mahasiswa baru. (mds)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan