BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

PLN Gelar Seminar Lingkungan “AKUSTIK”

Foto - Nyoman Swarjoni Astawa. (Ist)
banner 120x600

DENPASAR – Wujud komitmen PLN Unit Induk Distribusi Bali dalam isu lingkungan kembali ditunjukkan dengan menyelenggarakan seminar lingkungan bertajuk Bali AKUSTIK (Ayo KUrangi Sampah plasTIK). Berlokasi di Kantor PLN UID Bali, PLN menghadirkan tiga narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Komunitas Malu Dong, dan pengelola Bank Sampah Pagan Asri.

General Manager PLN UID Bali Nyoman Suwarjoni Astawa dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pembahasan mengenai pengurangan sampah plastik. “Saat ini aturan untuk mengurangi sampah plastik sudah dibuat, tapi solusi untuk masyarakat masih belum banyak disampaikan,” ungkap Astawa di Denpasar, Selasa (19/3/2019) sembari menambahkan, pihaknya berharap diskusi yang dilakukan dalam seminar lingkungan Bali Akustik dapat menyumbang solusi lingkungan bagi Bali.

Inisiatif PLN UID Bali dalam menyelenggarakan diskusi ini mendapat apresiasi dari narasumber dan peserta seminar. “Kami senang PLN dapat menginisiasi seminar lingkungan ini, semoga peran PLN juga bisa lebih besar lagi,” kata Komang Sudiarta.
Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali I Made Dwi Arbani menyampaikan pihaknya saat ini masih terus melakukan upaya untuk mendorong pengurangan penggunaan plastik sekali pakai baik di lingkungan masyarakat maupun usaha.
“Tantangan saat ini adalah untuk mengubah kebiasaan dan mindset masyarakat. Itu akan butuh waktu,” kata Dwi.

Dalam seminar yang dihadiri oleh jajaran SKPD Provinsi Bali, PHDI, MUDP, hingga akademisi ini General Manager PLN UID Bali berharap solusi yang dibahas dalam seminar dapat diteruskan ke tingkat pemerintahan sehingga dapat menjadi penyelesaian masalah plastik sekali pakai.

“Kita bisa mulai dari pengelompokan sampah. Pastikan semua rumah tangga melakukan ini agar pengelolaan sampah juga lebih mudah,” imbuhnya. Permasalahan sampah di Bali yang semakin menumpuk diharapkan juga dapat terbantu dengan pengoperasian PLT Sampah Suwung.

“Target kami di 2022 PLT Sampah Suwung selesai dibangun, semoga bisa menjadi solusi untuk sampah di Bali,” tutup Astawa. (Rls/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *