RegionalTeras Berita

“PLN Mengajar” Hadir di SMP Negeri I Sawan Singaraja

Foto - "PLN Mengajar". (Ist)

SINGARAJA – Salah satu wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan PLN kembali hadir dalam program “PLN Mengajar”. Dalam kegiatan ini siswa juga diberikan informasi pengenalan tentang kelistrikan.

“Pengenalan listrik sejak dini melalui siswa diharapkan akan membuat anak tertarik dengan dunia kelistrikan sehingga kelak bisa menekuninya,” jelas Manajer PLN Rayon Singaraja Ketut Dody Darmawan dalam sambutannya terkait kehadiran PLN di SMP Negeri I Sawan, Kecamatan Sawan Singaraja, Kamis (27/9/2018) yang diikuti sekitar 80 siswa dari kelas 8 dan 9.

Pada kesempatan itu, Dody juga mengimbau kepada siswa agar tidak bermain layang-layang terlalu dekat dengan kabel PLN sehingga kelangsungan pemanfaatan listrik bisa berjalan lancar.

“Siswa juga kita minta ikut mensosialisasikan dan menjadi penyambung lidah di lingkungannya untuk menghubungi call center 123 bila menemukan adanya gangguan yang berhubungan dengan kelistrikan serta informasi kelistrikan lainnya,” tambah Dody.

Foto – PLN mengajar di SMP 1 Sawan. (Ist)

Program PLN Mengajar kini rutin digelar baik untuk kalangan pelajar juga masyarakat umum seperti saat ada paruman di banjar-banjar. Selain di SMP 1 Sawan, program serupa juga telah dilaksanakan di SD 1 Bubunan dan SMA 1 Singaraja.

Dodi mengatakan dalam sosialisasi yang dilakukan respons masyarakat maupun pelajar sangat tinggi. Hal itu terlihat dari pertanyaan yang muncul di antaranya seputar manfaat dan sumber kelistrikan.

Kepala SMPN 1 Sawan Ketut Suardika sangat mengapresiasi program “PLN Mengajar” ini karena dirasakan sangat bermanfaat bagi siswa terutama dalam mengenal manfaat listrik serta dampaknya. Sebab diakuinya masih ada sebagian anak kurang memahami dengan listrik ini sehingga sering menyambung kabel sembarangan yang bisa menimbulkan masalah.

“Dengan adanya pengenalan listrik ke sekolah-sekolah selain siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang listrik baik sisi manfaat juga sumber listrik itu dihasilkan, nantinya bisa ikut menjaganya mengingat listrik dihasilkan dari lingkungan baik itu dari enegeri matahari, air dan sumber alam lainnya,” ucap Kepsek.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan