BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

PLN – Pemprov Bali Sepakati Kerjasama Kembangkan Energi Bersih di Bali

banner 120x600
(foto : Ist) Kerjasama PLN-Pemprov Bali kembangkang kemandirian energi.

 
DENPASAR – PLN menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali, Rabu (21/8/2019) bertempat di Gedung Wisma Sabha Utama Kantor Gubernur Bali mengenai penguatan sistem ketenagalistrikan dengan pemanfaatan energi bersih di Provinsi Bali.
Plt. Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Bali yang memprakarsai kemandirian energi menggunakan energi bersih di Provinsi Bali.
“Kerjasama ini tidak hanya untuk memenuhi bauran energi bersih secara nasional sebesar 23 persen pada tahun 2025. Ini adalah bentuk sinergi PLN dalam menyediakan energi listrik sesuai kebijakan pemerintah Provinsi Bali,” ujar Inten.
Dalam kerjasama ini, PLN dan Pemerintah Provinsi Bali menyepakati beberapa poin, diantaranya pembangunan Jawa Bali Connection 500 kilovolt untuk memperkuat sistem Bali, pengembangan pembangkit dalam RUPTL, pembangunan insfrastruktur hub LNG dan terminal LNG, peningkatan pasar kendaraan listrik dan kompor listrik dan peralatan lainnya, peningkatan kapasitas jaringan listrik menuju jaringan cerdas, pembangunan pembangkit energi bersih serta penerapan tarif khusus untuk membiayai pemanfaatan energi bersih.
Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan kerja sama ini merupakan langkah dalam mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali khususnya dalam menjaga kelestarian alam.
“Kuncinya pada kata mandiri energi dan energi bersih,” tegas Koster. Gubernur Bali juga menambahkan bahwa saat ini regulasi mengenai zonasi kendaraan listrik di Bali sedang disusun. “Semoga masyarakat dapat cepat beradaptasi,” katanya.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Ignasius Jonan menyampaikan energi listrik di Bali dapat dipenuhi dengan membangun pembangkit listrik berbasis energi bersih dan transfer energi melalui Jawa Bali Connection.
“Bali punya potensi tenaga surya yang dapat dimanfaatkan melalui PLTS Atap. Kemandirian energi di Bali bisa terwujud dengan partisipasi masyarakat,” harap Jonan. Ke depan PLN akan terus mendukung Pemerintah Provinsi Bali dalam menyediakan listrik yang andal untuk masyarakat tentunya dengan energ yangi ramah lingkungan. (wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *