EkbisTeras Berita

PLN UP2D Bali Kenalkan SmartDAS kepada Peserta CIGRE AORC 2019

(Foto/Ist)

DENPASAR – PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Bali menerima kunjungan peserta CIGRE AORC Technical Meeting 2019. President CIGRE AORC Prof. Akhihiko Yokokama mengatakan bahwa kunjungan teknis yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui secara langsung sistem distribusi tenaga listrik di Bali.

“Ini kesempatan yang baik bagi kami untuk melihat langsung perkembangan sistem kelistrikan di Bali,” ujar Yokokama di sela kunjungannya, Jum’at (29/3/2019)

Dalam kunjungan tersebut, Manager PLN UP2D Bali Anton Sugiarto memaparkan teknologi SmartDAS (Distribution Automation System) yang saat ini mulai diimplementasikan dalam pengaturan sistem distribusi PLN di Bali.

“SmartDAS dapat mendeteksi gangguan dan melokalisir persebaran sehingga pelanggan terdampak menjadi lebih sedikit,” jelas Anton sembari berkata, saat ini SmartDAS telah diterapkan di 5 Lokasi sebagi pilot project. Kedepan, PLN berencana menerapkan sistem ini diseluruh wilayah Bali.

Pada akhir kunjungan, peserta CIGRE juga berkesempatan untuk melihat langsung pengaturan sistem jaringan Distribusi yang dilakukan oleh petugas di distribution control room PLN UP2D Bali.

“Di sini seluruh sistem distribusi tenaga Listrik PLN Bali diatur. Perhitungan beban hingga manuver jaringan dilakukan petugas secara otomatis. Peningkatan keandalan sistem dilakukan untuk pelanggan,” tutup Anton. (wie)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan