SportsTeras Berita

Rakerda PPS Kertha Wisesa – Bangkit Maju Menusantara

Foto - Rakerda PPS Kertha Wisesa Bali.

DENPASAR – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa Bali digelar di Hotel Inna Bali Heritage, Jalan Veteran, Denpasar, Kamis (20/12/2018). Rakerda dipimpin Ketua Umum (Ketum) PPS Kertha Wisesa Bali periode 2018-2023 Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi.

Gus Adhi yang memimpin jalannya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa Bali digelar di Hotel Inna Bali Heritage, Jalan Veteran, Denpasar, Kamis (20/12/2018), berharap Rakerda kali ini bisa merumuskan dan membuka jalan menuju kejayaan PPS Kertha Wisesa di Bali dan seluruh Nusantara.

“Hal ini sejalan dengan semboyan PPS Kertha Wisesa yakni Bangkit Maju Menusantara,” terang Gus Adhi yang juga Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali itu.

Rakerda ini memfokuskan pada penyusunan program kerja yang akan menjadi acuan dalam menggali prestasi atlet pencak silat Kertha Wisesa ke depan. Sejumlah hal yang dibahas dalam Rakerda ini seperti Salam Kertha Wisesa yang baru.

Kemudian penyusunan buku dasar jurus PPS Kertha Wisesa. Sehingga ada acuan mendasar kegiatan pelatihan dan pembinaan atlet di seluruh ranting.

“PPS Kertha Wisesa juga ingin menghidupkan kembali nilai-nilai rohani yang cenderung ditinggalkan karena lebih menonjolkan dan mengutamakan menggali prestasi,” imbuh Gus Adhi yang kini duduk di Komisi IV DPR RI membidangi pertanian, pangan, maritim, dan kehutanan.

Pengurus PPS Kertha Wisesa juga diintruksikan untuk menjalankan amanat Rakerda ini. Seperti melakukan kegiatan baik dalam melahirkan pelatih atau wasit, kenaikan ikat pinggang dan menggelar evaluasi kegiatan di setiap cabang hingga tingkat provinsi dan nasional.

Terkait target peningkatan prestasi atlet, berbagai upaya akan dilakukan. Seperti peningkatkan jurus pencak silat yang ada, meningkatkan kekuatan fisik dan penguasaan teknik para atlet. Tapi yang terpenting kembali lagi juga meningkatkan kekuatan rohani para atlet. “Sehingga para atlet betul-betul memaknai jurus dan spirit PSS Kertha secara jasmani dan rohani sebagaimana yang diwariskan para leluhur dalam cimande. Olah fisik dan olah rasa menjadi satu kesatuan,” ujar Gus Adhi yang kembali maju dalam pileg mendatang.

Terkait rencana pengangkatan guru besar dan dewan guru PPS Kertha Wisesa, nantinya akan dibuatkan kriteria dan kerangka acuan yang bisa digunakan oleh pengurus berikutnya.

“Tapi kami generasi muda tidak berani membuat acuan itu karena berkaitan dengan leluhur. Maka kita sepakati dibentuk tim perumus yang terdiri atas sembilan orang sesepuh yang diketuai Bapak I Gusti Puspa Negara,” terang putra dari “sang patriot politik” I Gusti Ketut Adhiputra (almarhum) itu.

Untuk semakin mengasah kemampuan dan mental bertanding atlet, pada 2019 juga ditargetkan ada sejumlah kompetisi atau kejuaraan baik yang digelar secara internal maupun ikut serta dalam kompetisi atau kejuaraan tingkat lokal ataupun nasional.

“Itu sedang digodok. Minimal setiap tiga bulan ada kegiatan di tingkat cabang, lalu di tingkat provinsi enam bulan sekali dan tingkat nasional sekali dalam setahun,” tandas Gus Adhi. (Red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan