NasionalTeras Berita

Rescue NasDem Sisir Wilayah Pedalaman Bantu Korban Gempa Lombok

LOMBOK – Mengurangi risiko dampak bencana, Badan Rescue NasDem menerjunkan anggotanya ke daerah terdampak bencana di Lombok untuk ambil bagian dalam melakukan penanganan dampak bencana. Saat ini, ada 66 anggota tim dokter dan tenaga medis beserta obat-obatan yang ditugaskan sejak tanggal 8 Agustus 2018 yang menyisir daerah bencana.

Ketua Badan Rescue NasDem, Hariadi Anwar dalam keterangannya menyebutkan keberangkatan tenaga medis ini terbagi dua tahap. Gelombang pertama diterbangkan Rabu, 8 Agustus 2018, dan gelombang kedua pada Minggu, 12 Agustus 2018. Menurutnya Badan Rescue NasDem fokus dalam proses pemulihan usai bencana. Penanganan jenis ini dinilai kerap luput dalam setiap peristiwa bencana yang terjadi.

“Jadi aspek pemulihan yang menjadi perhatian kita. Baik itu pemulihan fisik maupun psikis. Ini seperti yang pernah kita lakukan di Karawang dulu,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam rapat koordinasi bersama TNI AD, Dinas Kesehatan Propinsi NTB, BPBD NTB, BASARNAS dan seluruh intitusi terkait di provinsi NTB pada 11 Agustus 2018, Badan Rescue NasDem dipercaya melakukan mitigasi bencana di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

Pemeriksaan kesehatan di lokasi bencana oleh Tim Rescue NasDem.(foto ist)

“Jadi berdasarkan kebijakan tersebut, BRND dibagi menjadi 3 group, group 1 melayani korban gempa di Puskesmas Kecamatan Tanjung, group 2 melakukan pelayanan kesehatan keliling posko penampungan korban gempa dan ini kami focuskan di desa desa pedalaman yg belum terjangkau sebelumnya, dan group 3 melakukan pelayanan medis di PosKo BRBD yg berada di desa Tanjung kecamatan Tanjung Lombok Utara,” tutupnya.

Sementara itu, untuk memperlancar kegiatan operasional di lapangan, Badan Rescue NasDem diperbantukan dengan 1 unit mobil Ambulans dan 1 Unit kendaraan operasional pengangkut logistik dan obat-obatan yang dikirimkan DPW Partai NasDem Bali.

Ketua DPW Partai NasDem Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa yang dihubungi secara terpisah membenarkan mengirimkan kendaraan pendukung untuk membantu operasional Tim Rescue NasDem yang bertugas di Lombok.

“Ya kami kirimkan 2 unit kendaraan bersama relawan untuk membantu di lapangan,” ucap Gunastawa.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan