SportsTeras Berita

Ribuan Masyarakat Ikuti Sepeda Nusantara 2018 “Etape Gianyar Aman”

Foto - Sepeda Nusantara 2018 di Gianyar.

GIANYAR – Kegiatan Sepeda Nusantara 2018 “Etape Gianyar Aman” yang hadir Kota Gianyar, Minggu pagi (4/11/2018) disambut antusias dan diikuti hampir 2 ribu peserta baik dari kalangan komunitas pecinta sepeda, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum termasuk juga wisatawan mancanegara. Kegiatan olahraga yang titik startnya dimulai di sebelah barat Taman Kota Gianyar ini juga menjadi daya tarik pariwisata tersendiri dan mendukung pengembangan sport tourism (pariwisata olahraga) di Bali.

Sebab tidak hanya menggenjot sepeda, para peserta bisa menikmati keindahan sejumlah sejumlah tempat menarik dan destinasi wisata yang ada di Kota Gianyar. Untuk itu Anggota Komisi X DPR RI yang membidangi olahraga, pendidikan, pariwisata dan ekonomi kreatif Putu Supadma Rudana mengapresiasi ajang Sepeda Nusantara ini yang juga menjadi semangat membangun kepariwisataan yang bersih dan bebas polusi khususnya juga dalam mendukung sport tourism (pariwisata olahraga) di Bali.

“Dampak positif dari Sepeda Nusantara ini tidak hanya hari ini. Tapi bisa dilihat oleh masyarakat di seluruh Indonesia dan dunia bahwa Gianyar dan Bali umumnya meneguhkan semangat Green Sustainable Tourism Destination Development (pembangunan destinasi pariwisata berkelanjutan yang ramah lingkungan). Ini jadi semangat membangun kepariwisataan yang bersih di Bali dan bebas polusi,” katanya di sela-sela acara ini.

Ia juga mengajak para peserta Sepeda Nusantara 2018 untuk menjadi duta pariwisata bagi Bali. Sebab perlu partisipasi masyarakat dalam berbagai bidang seperti olahraga serta membangun dan mempromosikan pariwisata.

“Jangan lupa jadi duta pariwisata. Mereka semua bawa gadget. Jadi bisa selfie di sejumlah tempat menarik dan destinasi wisata yang ada di Kota Gianyar. Lalu gaungkan dan posting di sosial media,” harap Anggota Fraksi Demokrat DPR RI itu.

Supadma Rudana juga mengaku sangat antusias dengan acara ini. Bahkan ia sempat ikut menggenjot sepeda mulai dari titik start dan berbaur dengan ribuan peserta sambil juga menyapa warga.

“Kegiatan ini positif untuk membangun menyama braya atau kebersamaan di masyarakat dalam upaya membangun persatuan dan kesatuan, bebas narkoba serta terhindar dari penyebaran hoax dan ujaran kebencian,” terang Supadma Rudana.

Ditambahkannya, olahraga memberikan kegiatan yang positif bagi masyarakat. Bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Ia pun mengajak masyarakat untuk menkmati hari Minggu dan hari libur lainnya bersama teman, kerabat dan keluarga dengan berolahraga.

“Tinggal kami di Komisi mendorong Kemenpora menggelar berbagai event lagi di lebih banyak kabupaten/kota di Indonesia khususnya di Bali,” pungkas politisi Demokrat asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar ini.

Sementara itu Teguh Raharjo selaku Asisten Deputi Pengeloaan Olahraga Rekreasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang hadir juga membuka Sepeda Nusantara ini juga mengapresiasi antusiasme masyarakat Gianyar menyukseskan acara yang diinisiasi Kemenpora ini. Kegiatan ini sangat tepat digelar di Gianyar dan Bali pada umumnya.

Sebab sepeda ini bisa menjadi salah satu terobosan baru dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata.

“Jika pengunjung di Bali ini semua bisa ikut bersepeda apabila wisatawan mancanegara, ini akan sangat menarik,” kata Teguh Raharjo.

Diterangkan Sepeda Nusantara ini tujuannya mendorong  minat masyarakat  terhadap olahraga bersepeda  untuk  meningkatkan kecintaan terhadap olahraga sebagai bagian dari Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Lalu menyelenggarakan program kegiatan olahraga yang secara langsung menyentuh dan mengajak masyarakat untuk berolahraga demi mencapai budaya hidup yang sehat. Sebagaimana tagline Kemenpora RI, “Ayo Olahraga”.

Kemudian meningkatkan derajat dan kualitas kebugaran jasmani masyarakat untuk meningkatkan produktifitas dan menghasilkan multiplier effect di berbagai sektor seperti sektor  ekonomi dan pariwisata, memperkuat ketahanan sosial, memperluas kesadaran lingkungan dan hemat energi.

Sepeda Nusantara juga mengekspose “Bangun Indonesia”, capaian pembangunan yang telah di lakukan Pemeritahan Joko Widodo, Baik aspek fisik dengan pembangunan sarana dan prasarana terbaik di seluruh Tanah Air, sekaligus pembangunan kognisi, mental dan spitirual untuk mencapai prestasi-prestasi terbaik guna menyongsong tantangan zaman yang semakin kompetitif.

Gianyar merupakan salah satu dari 70 kabupaten yang disambangi Sepeda Nusantara 2018. Untuk di Bali kegiatan serupa sudah digelar sebelumnya di Tabanan dan Singaraja. Rencana etape Sepeda Nusantara akan digelar terakhir atau finis di Kota Denpasar (red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan