BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

“Ritual Homa Yadnya Bali Kuno” Sarat Akan Ajaran Kuno Nusantara

Foto - Prosesi ritual Homa Yadnya Bali Kuno. (Ist)
banner 120x600

DENPASAR – Rupanya belum banyak diketahui oleh masyarakat luas keberadaan dan ajaran Sangga Budhaireng yang dipimpin Guru Kresna Dwaja. Padahal, ajarannya sangat sarat dengan peradaban dan budaya Leluhur Kuno Nusantara dan ajarannya sangat penting dalam proses upacara yadnya di Bali. Adalah sebuah ritual Homa Yadnya Bali Kuno yang menjadi salah satu peserta dalam upacara Nangluk Bhaya (Marbu Bhumi) Mahayu Ayuning Bhuwana untuk ngrastitiang Jagat Kertih, Jana Kertih, dan Niti Praja Santi di Lapangan Niti Mandala, Bajra Sandi, Renon, Sabtu (12/1). Ritual Homa Yadnya Bali Kuno ini dibangkitkan oleh Sangga Budhaireng yang penggaliannya di sisi Timur Gunung Agung, Karangasem. Sangga Budhaireng merupakan perkumpulan para yogi.

Pengarah Homa Yadnya Bali Mula, Guru Kresna Dwaja saat ditemui dilokasi upacara, mengatakan bahwa Homa Yadnya Bali Kuno merupakan awal dari segala-galanya, baik penciptaan alam semesta. Sehingga, simbol-simbol yang dimunculkan dalam ritual Homa Yadnya Bali Kuno merupakan simbol alam semesta, baik dari bawah, yaitu Asta Dala yang merupakan 8 penjuru mata angin maupun atas, yaitu Catur sebagai penguat manusia dan kehidupan. Sedangkan paling atas menggunakan Mahkota dari Pohon Pudak sebagai lambang yang mampu masuk ke wilayah Siwa, Budha Ksetra ketika menerima letupan energi dari bawah.

“Ritual Homa ini bersumber dari ajaran Waishnawa yang menjadi induk dari Kareshian Budha, Bujangga dan Siwa. Air yang dipetik dari inti api homa Bali Kuno itu, yang akan dipakai penyucian pada caru, yang merupakan pembangkitan diva rupa, oleh para Manggala, para Brahma Rsi dan para peserta, yang berlandaskan Yoga Sapta Samadhi. Sehingga Homa atau pembangkitan energi ini digunakan untuk formulasi dari Bhuta menuju Dewa,”ujar Guru Kresna Dwaja.

Dijelaskan, dari seluruh energi Homa yang bangkit dalam caru melahirkan 3 hal. Yaitu, Whyaaka yang merupakan segala bentuk spiritualitas dan wujud segala agama, Nirakara yang memunculkan seluruh energi apapun yang ada di alam semesta ini, dan Sakara, yaitu lahir seluruh puja mantra dan aksara-aksara suci. “Oleh karena itu, boleh dikatakan seluruh panca yadnya kita berasal dar proses ini (Homa Yadnya,red),” tandasnya.
Oleh karena itu, dikatakan bahwa tirta (air suci) yang lahir dari proses ritual Homa Yadnya Bali Kuno ini diberikan kepada para Sulinggih yang memuput upacara Yadnya. Sebab, tirta “Pawitra” ini bangkit dari ritual Homa, dimana tirta ini lahir dari api yang tidak tercemar oleh polusi.

“Air dari apilah yang tidak terkena polusi, maka dari itu Homa Yadnya ini melahirkan tirta yang tidak terkena polusi, sehingga air (tirta, red) inilah yang digunakan untuk penyucian seluruh yadnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, dasar seluruh aspek yang digunakan oleh para praktisi dan para umat adalah Tantra. Sebab, Tantra merupakan energi jenius atau energi murni dari alam semesta. Keberadaannya sangat jauh dalam maha kesadaran bathin umat peserta. Di Bali ada 3 jenis Tantra. Untuk diperkotaan disebut dengan Tantra Kala Cakra, di Gunung disebut Tantra Yamantaka, dan di perairan disebut Tantra Heruka. Sementara aplikasi Tantra ada 3, yaitu Sakti, Suci dan Diatmika (Wisesa).
Selain itu, dikatakan bahwa Para Praktisinya yang tergabung dalan Sangga Budhaireng tidak terjebak oleh aturan kepanditaan saat ini, karena mereka adalah pandita jnana (Vajradhaka). Sehingga ajarannnya kembali kepada ajaran kuno.

“Kereshian Bali Kuno ada 3, yaitu Kabujanggaan yang memimpin upacara bhuta yadnya, Kabudhaan yang mengajarkan ahlak dan budi pekerti, serta Kasiwaan yang mengerti betul tentang planet dan rahasia hidup di dalamnya. Melalui ajaran dasar Homa ini kami ingin membangkitkan kembali ajaran kuno nusantara,” tutupnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *