RegionalTeras Berita

Rumah Kreatif BUMN/PLN Bali, Inspirasi Wirausaha Muda

DENPASAR – Sebanyak 23 siswa dari berbagai SMA di Kalimantan Timur yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Jumat (17/8/2018) diajak mengunjungi Rumah Kreatif Denpasar BUMN (RKB) yang dikelola PLN Bali di Jalan Sesetan, Denpasar. Para siswa ini juga diedukasi mengenai program-program RKB Denpasar yang dikelola PLN Bali serta diajak untuk menjadi wirausaha muda.

Para siswa juga diajak melihat berbagai produk UKM (Usaha Kecil Menengah) binaan RKB PLN Bali. Diantaranya ada songket tenun dan kain endek dari berbagai daerah di Bali, kain indigo, produk kipas, boneka dari rotan dan kayu. Ada juga produk yang kepeng yang dilebur menjadi berbagai produk kesenian. Termasuk juga kuliner dan oleh-oleh khas Bali seperti pia susu.

Made Dwija Arsa perwakilan BUMN Bali dari Hotel Indonesia Natour mengatakan program SMN di Bali ini merupakan rangkaian acara BUMN Hadir untuk Negeri yang melibatkan tiga BUMN yakni PT Jiwasraya, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), PT Hotel Indonesia Natour. Dalam SMN ini ada semacam pertukaran pelajar. Dimana puluhan siswa dari Bali juga dikirim ke Kalimantan Timur dan sebaliknya.

“SMN ini menambah wawasan kebangsaan dan wawasan sosial serta pertukaran budaya. Ini juga untuk meningkatkan kewirausahaan di kalangan pelajar,” tambahnya.

General Manager PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa  dalam sambutannya yang disampaikan Manajer Distribusi PT PLN Distribusi Bali, Eko Mulyo berharap peserta SMN bisa mengenal program RKB yang dikelola PLN Bali. Termasuk agar ada minat menjadi wirausaha misalnya menjadi pelaku UKM.

Sementara itu Manajer Bidang Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Bali Ferial Maricar menambahkan RKB PLN Bali sengaja juga mendatangkan salah satu pelaku UKM binaan RKB PLN Bali yakni Putu Gede Andika Prayatna Sukma. Ia merupakan owner industri uang kepeng Kamasan Bali bahan panca datu.

“Kami mengajak siswa melihat langsung produk UMK khas Bali. Sekaligus langsung mendengarkan testimoni dari pelaku UKM binaan RKB agar siswa berminat jadi pengusaha. Tidak bermimpi lagi jadi PNS,” ujarnya.

Salah satu siswa peserta SMN, Tony Ajis Saputra mengaku senang dan bangga bisa belajar langsung di RKB tentang produk UKM Bali. Siswa SMA N1 Penajam Pasir Utara, Kaltim ini pun berharap program SMN terus berlanjut.

Seperti diketahui, program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) pertama kali diluncurkan tahun 2015. Program ini merupakan program tahunan Kementrian BUMN, sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian BUMN dalam rangka “BUMN Hadir untuk Negeri/ BHUN”.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan