BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Staff Ahli Mendag Cek Harga Bahan Pokok Jelang Hari Besar

Foto - Lasminingsih. (Ist)
banner 120x600

DENPASAR – Jelang hari besar keagamaan seperti Galungan, Kuningan, Natal dan Tahun Baru mendatang sejumlah harga barang kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional mulai merangkak naik. Bahkan harga daging ayam yang biasanya sekitar Rp 34 ribu/kg kini naik ke kisaran Rp39-40 ribu.

Demikian terungkap dari pemantauan Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa Lasminingsih, Rabu (5/12) pagi di Pasar Kereneng dan Pasar Badung. Dalam pemantauan tersebut turut serta
Kadis Perindag Provinsi Bali I Putu Astawa.

Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa Lasminingsih di sela-sela pemantauan mengatakan kedatangannya untuk memantau ketersediaan kebutuhan pokok seperti daging, telor, beras, terigu, gula pasir, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya. Hal itu terkait dengan datangnya hari besar keagamaan sehingga pihaknya perlu melakukan pemantauan terutama terkait ketersediaan, harga dan kebutuhan.

“Dari pantauan hari ini secara umum harga-harga relatif stabil, kecuali produk musiman seperti cabe yang agak naik,” jelasnya.

Sementara pedagang mengatakan beberapa barang sudah mulai naik dalam beberapa hari belakangan. Daging ayam kini Rp39 ribu hingga Rp40 ribu dari sebelumnya sekitar Rp36 ribu. Namun daging sapi tak ada perubahan.

“Mungkin karena permintaan daging sapi tak terlalu banyak,” ujarnya.
Beras juga masih stabil. Bahkan Lasminingsih mengaku gembira karena beras medium tersedia cukup dengan harga yang stabil, sekitar Rp9 ribuan.

Muklis, salah seorang pedagang daging ayam di pasar Kereneng mengaku harga ayam naik antara Rp39 ribu hingga Rp40 ribu. Hal itu salah satunya disebabkan karena pasokan yang tidak lancar.

“Kami sejak 10 hari ini dijatah ayamnya,” ujarnya.
Harga telor ayam juga mulai naik. Menurut Wayan Mes, salah seorang pedagang telor di Pasar Badung mengatakan harga telor naik dari Rp 38 ribu/krat naik Jadi Rp40 ribu/krat.

Selain mengunjungi pasar tradisional, Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa Lasminingsih juga menggelar Rapat Koordinasi Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali serta meninjau Gudang Bulog, Jl Raya Sempidi, Mengwi, Kabupaten Badung dan Gudang Distributor PT Halus Ciptanadi, Jl Kebon Iwa, Denpasar. Staf Ahli juga meninjau Transmart Carrefour Sunset Road dan Hypermart Mal Galeria, Jl Bypass Ngurah Rai. (Jik/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *