RegionalTeras Berita

Tambak Udang Diprotes Warga Pol PP Jembrana Langsung Sidak

Foto - Pol PP Jembrana, sidak tambak.(Ist)

JEMBRANA – Jajaran Satpol PP Pemkab Jembrana, Senin (22/10/2018) siang melakukan sidak ke tambak udang yang berlokasi di Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana.

Sidak tersebut dilakukan menyusul adanya protes dari warga setempat karena telah membuat puluhan hektar sawah petani tenggelam dan gagal panen. Disamping itu, keberadaan tambak udang tersebut juga diduga belum memiliki ijin.

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah, I Made Tarma yang memimpin sidak mengatakan dari hasil sidak diketahui kalau usaha ini belum mengantongi izin dan masih dalam proses, namun usaha tersebut telah berjalan cukup lama.

“Izin sudah dalam proses kebetulan tadi pengelola sempat menunjukkan beberapa berkas untuk pengurusan izinnya,” terang Tarma, Senin (22/10/2018).

Lanjut Tarma, usaha tambak udang tersebut memang dikeluhkan oleh warga setempat karena berdampak buruk pada sektor pertanian, terutama sawah sekitar tambak.

Tarma juga mengatakan tindak lanjut dari penjelasan Kepala Desa, besok rencananya pengelola tambak dipanggil oleh Kepala Desa untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut.

“Pengelola tambak tadi sudah menyatakan kesanggupannya untuk mengembalikan saluran irigasi sawah setempat seperti semula dengan waktu 2 minggu dari tanggal 19 Oktober sampai 2 November sudah harus selesai,” katanya.

Dari hasil pengecekan pihaknya ke lapangan sudah ada bentuk galian yang akan dibuat oleh pihak pengelola tambak. Pihaknya juga menegaskan di lapangan untuk surat pernyataan agar ditembuskan ke Satpol PP.

“Berikan kewenangan Kepala Desa dan kami pantau. Kalau memang tidak sesuai kami akan memanggil proses sesuai dengan aturan yang berlaku,” tandasnya.

Sebelumnya puluhan krama Subak Puspa Sari Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Jumat (19/10/2018) protes terhadap pengelola tambak yang mempersempit saluran irigasi sehingga puluhan hektar sawah tenggelam hingga berdampak gagal panen.(cok)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan