Teras Berita

Togar, Ambil Langkah Perbaiki Gereja Katedral Denpasar

Denpasar – Praktisi hukum sekaligus pengamat kebijakan publik, Togar Situmorang SH., MH., MAP mengungkapkan simpatinya terhadap salah satu Gereja terbesar di Denpasar akibat guncangan gempa, Minggu (5/8) lalu. Ia mengharapkan kondisi gereja dapat segera kembali seperti sediakala.

”Perbaikan Gereja Roh Kudus Katedral Denpasar Bali harus segera dilakukan agar umat dapat melakukan ibadah dengan tenang dan nyaman,” ujarnya.

Togar sendiri juga sedang memikirkan cara untuk merenovasi kembali bagian-bagian gereja yang runtuh akibat gempa tersebut.

“Tentunya perbaikan ini sangat berguna untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Katolik yang datang beribadah di gereja tersebut setiap hari Minggu.”

Seperti diketahui Gempa yang mengguncang Lombok Utara pada Minggu (5/8) petang terasa sampai ke Bali. Guncangan gempa tersebut bahkan menyebabkan kerusakan bangunan, salah satu di antaranya terjadi di Gereja Roh Kudus Katedral Denpasar Bali. Akibatnya beberapa ornamen berbahan batu dalam gereja, lepas. Ornamen batu yang rusak jatuh ke bagian dalam gereja.

Namun, secara umum gereja masih bisa digunakan karena kerusakan tidak mengganggu struktur bangunan secara keseluruhan. Hanya saja reruntuhan cukup banyak berserakan di dalam gereja. Saat ini, puing-puing bangunan yang berserakan itu sudah dibersihkan.

“Tidak ada korban dalam peristiwa nahas petang itu, karena pada saat terjadinya guncangan hanya ada satu petugas dalam gereja yang bertugas mengunci pintu gereja,” sebut Togar.

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan