BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Togar – Pemuda Mesti Jadi Influencer, Jangan Jadi Generasi Penyebar Hoax

(Foto/Ist)
banner 120x600

DENPASAR – Terkait Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018 ini, Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., yang dikenal dengan caleg milenial yang maju ke DPRD Bali dapil Denpasar nomor urut 7 dari partai Golkar itu mengajak para generasi muda untuk mengubah wajah politik dan memerangi hoax dalam perhelatan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 17 April 2019 mendatang.

“Generasi muda harus berada di garda terdepan menjaga Indonesia, menjaga empat konsensus dasar yakni UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Dan harus berperan aktif ikut mengubah wajah perpolitikan Indonesia dan juga di garda terdepan mencegah dan memerangi hoax,” kata Togar saat ditemui di sela-sela Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Minggu (28/10/2018).

Togar menambahkan, di dalam Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis pada Pasal 17 ayat (3) disebutkan peran aktif pemuda sebagai agen perubahan diwujudkan dengan mengembangkan salah satunya adalah pendidikan politik dan demokrasi.

Togar juga berharap semoga dengan peringatan sumpah pemuda ini jangan hanya dijadikan seremonial semata. Namun dijadikan momentum kembalinya jiwa pemuda yang penuh semangat dan nasionalis serta menjadi agen perubahan dalam wajah demokrasi Indonesia pada Pileg dan Pilpres 2019.

“Generasi muda harus mampu berperan sebagai influencer politik sebagaimana yang mereka lakukan ketika menampilkan konten video di YouTube, Instragram maupun Facebook. Mereka harus mampu menggunakan media sosial untuk berbagi inspirasi dan pesan-pesan kebaikan untuk mengubah masa depan Indonesia serta menggunakan hak pilihnya. Lalu aktif memberikan edukasi politik pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya memilih calon anggota legislatif dan calon presiden yang terbaik,” papar Togar.

Togar mengingatkan, dulu para pemuda pernah bersumpah kepada Indonesia, akan bersatu dalam tumpah darah, bangsa dan bahasa Indonesia.

“Jika kita mengaku bertumpah darah yang satu, berbangsa satu dan berbahasa persatuan, mari kita buktikan dengan niat dan hati yang tulus,” ajak pria yang juga advokat dan dikenal dengan julukan “panglima hukum” itu.

Para generasi muda yang dikenal sangat melek teknologi, bahkan kritis terhadap isu-isu tertentu namun seiring juga apatis terhadap politik harusnya berada di garda terdepan untuk memerangi dan menangkal hoax.

“Jangan jadi generasi penyebar hoax, generasi micin, generasi yang apatis terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan politik di negeri,” kata pria yang juga Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI) Provinsi Bali itu.

Ditambahkan oleh pria yang tengah menyelesaikan Disertasi Doktoral di Program Studi Ilmu Doktor Universitas Udayana ini, bangsa kita butuh persatuan pemudanya, bukan hanya satu golongan. Sebab tiap anak muda punya hak yang sama dalam membangun bangsanya.

“Jadilah pemuda yang mampu mengguncangkan dunia. Pemuda yang tidak suka mengeluh, tidak berpikiran negatif, tidak mudah putus asa,” ajak Togar yang memang dikenal sangat dekat dengan generasi muda milenial ini.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *