Parlementaria

Togar Situmorang Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya di Pemilu 2019

(Foto/Ist)

Advokat senior yang juga pengamat hukum Togar Situmorang, S.H.,M.H.,M.A.P. mengajak agar semua warga yang telah memiliki hak pilih agar datang mencoblos ke TPS untuk memilih calon yang diinginkan.

Pemilu pada 17 April nanti sangat penting dan menentukan maju mundurnya bangsa Indonesia ke depannya. Karena itu mari berbondong-bondong datang ke TPS untuk mencoblos sesuai pilihan sesuai hati nurani.

“Jangan mau diintervensi dan jangan pula sampai golput. Ini kesempatan untuk memilih calon yang terbaik,” tegas Togar yang juga Caleg DPRD Bali dapil Denpasar nomor urut 7 dari Partai Golkar ini di kantornya, Minggu (31/3/2019).

Togar Situmorang,S.H.,M.H.,M.A.P. yang masuk dalam 100 besar advokat terkenal versi Majalah PropertynBank ini juga berpesan agar warga tidak takut diintervensi saat menentukan pilihannya. Pemilih dilindungi undang-undang yakni langsung, umum, bebas dan rahasia.

“Jadi pilih sesuai hati nurani, lihat track record-nya. Jangan lihat apa ia pendatang atau berbeda suku. Yang penting orang baik dan siap membela Bali. Kita ini bangsa Indonesia, rakyat Indonesia yang berhak dipilih dan memilih,” tambah Togar yang dijuluki ‘Panglima Hukum’ itu.

Selain itu, Togar juga mengajak warga agar cerdas memilih pemimpin ke depan yakni setidaknya berpendidikan memadai, punya pekerjaan dan berpenghasilan cukup. Juga mereka harus bersih dalam artian tidak terlibat tindak pidana, bermoral baik. Dan yang tak kalah penting tidak tersangkut narkoba.

“Kan saat ini banyak pejabat termasuk dewan yang kena OTT. Jadi pilih yang betul-betul taat agama, takut berbuat dosa,” tambah Dewan Penasihat Forum Bela Negara yang juga dikenal sering membantu warga tak mampu secara gratis dalam mendapatkan keadilan.

Managing Partner Law Office Togar Situmorang & Associates yang beralamat di Jl. Tukad Citarum No. 5A Renon, Jl. By Pass Ngurah Rai No. 407 Sanur, Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Denpasar Bali ini menambahkan pemilu kali ini terbilang istimewa karena bersamaan yakni memilih caleg DPR RI, DPRD I, DPRD II, DPD RI dan Pilpres. Untuk itu pemilih mesti sabar, cermat agar jangan sampai salah mencoblos pilihannya.

Mengacu hasil pencoblosan Pilgub Bali 2018 lalu, Buleleng yang dikenal dengan jumlah pemilih terbanyak menyumbang angka golput terbesar sekitar 40 persen, dan Karangasem (38 persen). Sementara kabupaten/kota lainnya angka golputnya juga masih tinggi rata-rata di atas 20 persen. Melihat masih tingginya Golput, Togar Situmorang mengajak agar pihak terkait memberikan sosialisasi lebih gencar sehingga bisa motivasi warga untuk menekan angka golput. Perhatian juga penting bagi pemilih perempuan sebab jumlahnya sangat besar. (tmc)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan