Hukrim

Togar Situmorang Bersama Komnaspan Sebut Aset Bali Perlu Dijaga dan Diselamatkan

Foto: Komnaspan RI berkunjung ke Kantor Kesbangpol) Provinsi Bali.

DENPASAR – Jajaran pengurus dan anggota Komite Nasional Penyelamat Aset Negara (Komnaspan) RI berkunjung dan berdiskusi ke Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, Rabu (15/7/2020), pekan lalu.

Diterima langsung I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, S.H., M.H.,selaku Kepala Kesbangpol Provinsi Bali. Komite Nasional Penyelamat Aset Negara (Komnaspan) adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang independen, terbuka, mandiri dan berwawasan nasional yang beritikad mulia yaitu menjadi organisasi resmi yang bekerja untuk negara demi menyelamatkan aset negara.

Dalam kesempatan diskusi di Kesbangpol Bali ini, Komnaspan menyampaikan pemikiran bagaimana menginventaris aset-aset Bali dan penyelamatan aset negara supaya tidak dipergunakan oleh secara pribadi oleh orang perorangan maupun secara berkelompok.

“Kami juga mengharapkan adanya kerja sama yang baik dilakukan antara Kesbangpol dengan Komnaspan,” kata Togar Situmorang, S.H.,M.H.,M.AP.,selaku anggota Tim 9 Komnaspan RI.

Dalam kesempatan ini Kesbangpol Bali pun berharap Komnaspan dalam menjalankan tugasnya harus menjunjung landasan sesuai aturan hukum yang berlaku, bukan dengan cara yang semena-mena, terutama dalam hal temuan di lapangan diharapkan bisa menggali secara persuasif dan kondusif.

Terkait hal ini Togar Situmorang juga mengingatkan di dalam menjalankan aktivitas organisasi betul-betul bisa memanfaatkan bantuan sosial yang ada dan bisa tepat sasaran sesuai visi misi Komnaspan.

“Kita dari Komnaspan sudah memperkenalkan diri kepada pihak Kesbangpol dan kami merasa sudah menjadi ada semacam payung hukum yang bisa kita gunakan di dalam menjalankan aktivitas Komnaspan di Bali terkait penelusuran aset-aset negara,” ungkap advokat kondang dan pengamat kebijakan publik ini.

Diharapkan Komnaspan Bali kehadirannya bisa bermanfaat dan bisa menjadi mitra dari instansi lain terutama BPK, Kepolisian, Kejaksaan, Bidang Aset Provinsi atau Peemerintah Kabupaten/Kota maupun mitra lainnya. Komnaspan berharap aset-aset yang harusnya dikelola oleh pemerintah digunakan demi kesejahteraan masyarakat.

“Jangan aset-aset yang termasuk zona merah tapi digunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk suatu kegiatan yang menguntungkan diri sendiri atau suatu kelompok,” tegas Togar Situmorang yang juga Dewan Pakar Forum Bela Negara Provinsi Bali ini.

Jangan sampai seperti kasus yang sedang dihadapi oleh Komnaspan di Buleleng dimana aset desa telah berubah kepemilikannya atas nama pribadi menjadi nama mantan Bendesa Adat terdahulu di desa adat tersebut,.

Komnaspan memohon dan menghimbau bagi masyarakat apabila ada indikasi didaerahnya, ada temuan ada aset negara atau daerah dipergunakan oleh oknum-oknum tertentu silakan melapor, disertai dengan barang bukti,saksi, data-data lengkap, kronologi

“Komnaspan siap mengawal bahkan memfasilitasi di Pengadilan agar Komnaspan bisa menjaga aset-aset tersebut. Kami juga siap ikut membongkar mafia-mafia aset,” kata Togar Situmorang yang juga Ketua Hukum dari RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang Jawa Timur ini.

Diharapkan dalam hal menjaga aset-aset negara di Bali khususnya itu supaya tepat guna atau sasaran. Jangan sampai aset-aset yang sebenarnya bisa dikelola oleh negara malah lenyap dan hilang, karena terdahulu Bali merupakan zaman kerajaan dimana rajalah yang mempunyai aset.

“Jangan sampai nanti aset-aset negara disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu yang tumpang tindih dalam hal fungsi dan kegunaannya,” tegas Togar Situmorang yang juga Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar ini.

Advokat kondang yang dijuluki Panglima Hukum ini mengajak semua pihak ikut aktif menjaga aset-aset negara ini, jangan sampai dipergunakan oleh oknum yang tidak benar dan tidak berhak. Perlu pengawasan bersama aset-aset negara ini supaya bisa dipergunakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Mari bersama jaga dan selamatkan aset Bali. Komnaspan berharap kita bisa bersinergi baik dengan masyarakat, instansi maupun aparatur penegak hukum lainnya,”tutup Togar Situmorang, Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm TOGAR SITUMORANG, Jl. Tukad Citarum No. 5 A Renon ( pusat ) dan cabang Denpasar, Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar, Cabang Jakarta terletak di Gedung Piccadilly Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Room 1003 dan 1004. (tim)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan