Rona

Togar Situmorang – Maknai Hari Kebangkitan Nasional dengan Nasionalisme

(foto/ist)

 

 

DENPASAR – Hari Kebangsaan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei, harus dimaknai untuk menggelorakan rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan membangkitkan rasa nasionalisme pada setiap insan rakyat Indonesia.

“Akan tetapi melihat keadaan atau kondisi saat ini dimana bangsa sedang digoncang wabah virus covid-19. Berbagai permasalahan pun muncul baik di bidang ekonomi, politik maupun sosial budaya”, kata Advocat yang juga pengamat publik, Togar Situmorang, Rabu (20/05/2020), di Denpasar.

Disebutkan, Hari Kebangkitan Nasional tahun ini, ditengah situasi pandemi covid-19, Togar Situmorang mengajak seluruh masyarakat merefleksikan momentum peringatannya untuk bergandengan tangan menghadapi pandemi covid-19.

Pengamat kebijakan publik ini menilai semangat implementasi Hari Kebangkitan Nasional adalah bagaimana mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang termasuk pembangunan kesejahteraan sosial. Kebangkitan Nasional adalah untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dan kemudian menjalani kemerdekaan dengan berbagai kegiatan pembangunan. Selain itu, Hari Kebangkitan Nasional harus mampu merekatkan kembali nilai-nilai kekeluargaan untuk saling tolong menolong.

“Kita harus bersama-sama bergotong royong, merekatkan kembali nilai-nilai kekeluargaan, menjalin kerja sama, saling menolong dan bersatu padu bangkit agar kita memenangkan peperangan ini melawan covid-19,” ajak Togar Situmorang yang juga aktif di berbagai organisasi ini.

Ia menambahkan, sebagai bangsa yang besar yang menghargai dan menghormati jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan, sudah sepatutnya seluruh rakyat Indonesia bergerak bersama, bersatu padu dilandasi semangat kemanusiaan untuk saling mendukung melanjutkan perjuangan dan kebangkitan nasional menuju Indonesia yang makin kuat, makin solid, dan makin sejahtera.

Ditengah pandemi covid-19, kata Togar Situmorang, semua pihak tanpa kecuali, dan tanpa dilatarbelakangi oleh kepentingan tertentu apalagi politik, harus bangkit berjuang bersama melakukan upaya-upaya strategis guna mempercepat penanganan covid-19.

“Kebersamaan sebagai bangsa harus kita tetap tanamkan sebagai pondasi utama agar kita bisa bangkit kembali karena dampak covid-19. Dengan semangat kebangkitan nasional kita akan semakin kuat untuk menghadapi tantangan bangsa yang lebih berat dikemudian hari. Dan kami dari Law Firm Togar Situmorang mengucapkan Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Merdeka!” tegas Dewan Pakar Forum Bela Negara Provinsi Bali ini. (tim)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan