BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Togar Situmorang: Perlu Antisipasi yang Lebih Masif Cegah Bahaya Virus Corona

banner 120x600

Foto: Pengamat kebijakan publik yang juga advokat senior Hukum Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P..
 
 
DENPASAR – Virus Corona di negara asalnya di Tiongkok, virus telah merenggut ratusan nyawa dan ribuan orang kini diduga telah terjangkit virus mematikan ini. Merebaknya virus Corona telah menimbulkan kekhawatiran dunia internasional bahkan belasan negara telah mengkonfirmasi virus ini sudah masuk ke negaranya.
Indonesia termasuk Bali sebagai destinasi pariwisata mengantisipasi agar virus ini mewabah di NKRI. Pengamat kebijakan publik yang juga advokat senior Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., pun mengaku prihatin dengan kejadian yang menghebohkan dunia tersebut dan mendorong antisipasi yang lebih masif dan ketat dari pemerintah Indonesia.
“Apalagi Bali sebagai daerah pariwisata. Jangan sampai pariwisata kita di Bali terganggu gara-gara virus ini, saya minta semua pihak benar-benar serius menyikapi persoalan ini. Perketat antisipasi di pintu masuk Indonesia khususnya juga Bali,” tegas Togar Situmorang, Kamis (30/01/2020), di Denpasar.
Advokat yang terdaftar di dalam penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer In Satisfactory Performance Of The Year ini menduga virus yang awalnya ditemukan di Wuhan, sebuah kota di Cina tersebut, terindikasi ada muatan kepentingan politik di dalamnya.
Advokat yang dijuluki Panglima Hukum ini mengungkapkan seperti diketahui bahwa Cina telah berkembang menjadi negara dengan perekonomian yang tumbuh pesat dan maju. Karena di era sekarang, pangsa pasar perdagangan dunia nyaris dikuasai oleh negara dengan julukan Negeri Tirai Bambu itu.
“Oleh sebab itu, virus mungkin saja diduga ada satu pihak yang merasa ketakutan akan kekuatan ekonomi Tiongkok yang merasa akan terancam bisnis perdagangannya di dunia. Nah itu yang dikhawatirkan sehingga dia dimasukkanlah virus corona itu. Diduga kental sekali unsur politiknya karena persaingan perdagangan dunia itu tadi,” ujar Togar Situmorang.
Terlepas dari dugaan itu, pria yang kerap mengajak anak-anak yatim piatu dari lintas agama nobar film kartun animasi di gedung bioskop pada hari besar keagamaan ini, tetap meminta seluruh masyarakat untuk waspada dan mawas diri terhadap indikasi masuknya virus ini ke Indonesia.
“Kita harus waspada. Antisipasi haru ditingkatkan di pintu-pintu masuk Indonesia,” tegas advokat yang terdaftar di dalam penghargaan 100 Advokat Hebat versi majalah Property&Bank dan penghargaan Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019 ini
Untuk mencegah virus ini masuk ke Indonesia, Togar Situmorang yang juga Dewan Pakar Forum Bela Negara Provinsi Bali ini meminta pemerintah dan instansi terkait untuk memperketat pintu-pintu masuk ke tanah air baik lewat jalur udara maupun laut atau pelabuhan dengan memasang semacam alat detektor suhu tubuh seseorang.
Advokat yang juga aktif di olahraga sebagai Ketua Pengkot Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Denpasar ini mengapresiasi langkah cepat pihak otoritas bandara di Bali yang telah memasang alat Body Thermal Scanner di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.
“Kita tak boleh lengah, semua harus fokus dan serius agar virus ini tidak masuk ke Indonesia apalagi ke Bali, bisa terganggu stabilitas pariwisata di sini,” harap Togar Situmorang, advokat yang lebih memilih berbagi dengan anak yatim piatu dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2020 daripada pamer berlian, mobil dan mewah maupun cewek seksi.
Langkah preventif dan antisipatif yang dilakukan, pesan Togar Situmorang agar tidak dilakukan secara extrem. Menurutnya, hubungan Indonesia dengan negara luar termasuk Tiongkok harus tetap terjaga dan terjalin dengan baik.
Apalagi, imbuh yang juga Ketua Hukum dari RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang Jawa Timur ini, antara Bali dan Cina, ada jejak historis yang kental dan kuat yang masih diwarisi oleh generasinya hingga saat ini.
“Upaya preventif boleh saja dilakukan dan itu harus untuk melindungi warga. Saya berharap upaya antisipasi virus ini tidak sampai mengganggu hubungan bilateral Indonesia dengan Cina,” tutup Panglima Hukum Togar Situmorang yang merupakan Founder dan CEO Law Firm Togar Situmorang dan Associates yang beralamat di Jl. Tukad Citarum No. 5A Renon Denpasar Bali (pusat) & Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar Bali (cabang) ini. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *