FokusTeras Berita

Togar Situmorang “Sumpah Pemuda 2019 Spirit of Millenials”

(foto : ist) Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P. 

DENPASAR – Sumpah Pemuda merupakan momentum bersejarah sebelum Bangsa kita merdeka. Pemuda berkumpul berbeda latar melahirkan inovasi Sumpah Pemuda: bertumpah darah satu, berbangsa satu, berbahasa satu, yakni tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda
Menjadikan kita satu,
satu tumpah darah
satu bangsa
satu bahasa

Memberikan kita rasa,
rasa cinta
rasa suka cita
rasa bangga

Berkat sumpahmu
kini Garuda telah bangkit
bangkit dari kematian yang suri.

Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P. sebagai Pengamat Kebijakan Publik mengatakan, Sumpah pemuda mempersatukan kita yang terdiri dari lebih dari 700 etnis sehingga berhasil membawa Indonesia menjadi negara merdeka setelah dijajah lebih dari 350 tahun.

“Saat ini Sumpah pemuda 2019 sangat berkaitan dengan kaum muda milenial seperti beberapa menteri berusia muda yang berada dalam kabinet kerja jokowi, Pendiri Mahaka Gorup, Erick Thohir, Komisaris Utama NET Mediatama Televisi, Wishnutama, CEO Gojek, Nadiem Makarim, Angela Tanoesoedibjo, yang juga merupakan pengusaha, komisaris media nusantara citra, wakil direktur RCTI dan pewaris MNC TV. Mereka berani keluar dari zona nyaman utk berbakti dlm karya nyata untnk Negeri dalam jajaran kabinet Kerja Jokowi,” ucapnya.

Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., Ketua Komite Hukum RSU dr.Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur berharap kaum milenial di kabinet pemerintahan diharapkan dapat mewakili aspirasi anak muda yang berprestasi, yang membanggakan bangsa ini agar anak muda tidak korban hoax, korban narkotika atau korban kriminal begal dan lain-lain.

Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., Ketua POSSI Denpasar Provinsi Bali juga berpendapat penunjukan menteri dan wakil menteri dari kalangan muda ini merupakan sebuah terobosan luar biasa dan sangat berani dari Presiden Jokowi.

Pelibatan kaum muda menurutnya merupakan sinyal dari presiden bahwa potensi kaum muda tak boleh disia-siakan. Mereka harus diberikan kesempatan berkontribusi membangun bangsa karena menurutnya anak muda adalah pemilik masa depan.

“Kita harus memberikan support kepada anak muda, diberikan semangat untuk memimpin kementerian atau departemen dalam membangun bangsa ini,” ujarnya.

Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., Dewan Penasehat Forum Bela Negara Provinsi Bali juga menilai banyak dari kaum muda Indonesia yang memiliki integritas dan kapabilitas yang mumpuni, serta mampu mengikuti perubahan zaman.

“Sekarang zamannya teknologi informasi, zamannya anak muda. Unicorn hari ini lahir dari tangan-tangan anak muda Indonesia,” terang Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P. yang terdaftar di dalam penghargaan 100 Advokat Hebat versi majalah Property&Bank.

“Perubahan-perubahan seperti inilah yang harus disadari hingga nantinya akan ada landscape ekonomi baru dan landscape politik baru, baik global, nasional, maupun daerah,” tambah Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P. yang terdaftar di dalam penghargaan Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019.

Dan kita berharap semua kalangan untuk bersiap menghadapi transisi-transisi seperti ini karena generasi Y atau generasi milenial yang nantinya akan mempengaruhi pasar, ekonomi, dan politik.

Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., yang terdaftar di dalam penghargaan Best Winners – Indonesia Business Development Award juga mengatakan, harapan kita tidak hanya sampai disitu, semoga kehadiran Menteri di Kabinet Indonesia Maju membuka berbagai macam kesempatan untuk generasi berikutnya, karena ini bukan tujuan akhir.

“Seperti kata Bung Karno, “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tetapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa & satu tanah air,” seru Togar Situmorang, S.H., M.H., MAP, yang terdaftar di dalam penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer In Satisfactory Performance Of The Year.

Karena Satu-satunya kegagalan adalah kalau kita hanya diam di tempat serta tidak berani keluar dari zona nyaman untuk menciptakan karya nyata  dan satu satunya kesuksesan kalau kita terus melangkah ke depan Menjadi Bintang Dilangit.

Wahai pemuda, Manfaatkan masa mudamu sebaik-baiknya. Nasib bangsa ini bertumpu padamu.

Karena Sumpah Pemuda adalah wujud nyata pemersatu bangsa. Di pundak para pemuda lah harapan Indonesia Maju. Tugas kita bersama untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Semoga peringatan 91 tahun Sumpah Pemuda ini menjadi pengingat bagi kita. Bahwa hari ini tugas kita adalah memastikan semua kebijakan mencerminkan semangat dan menghadirkan keadilan sosial bagi warga Indonesia.

Tidak lupa juga untuk saudara-saudara kita di papua yang merayakan semangat sumpah pemuda dengan peresmian jembatan Merah Putih Holtekamp, sebagai pemacu semangat kebangkitan tanah Papua.

Salam dari Bali untuk Papua.

Semoga disambut dengan semangat generasi muda Papua untuk bersatu membangun tanah Papua.

Selamat Hari Sumpah Pemuda.
Pemuda Indonesia, adalah kunci utama membangkitkan kebanggaan dan kejayaan bangsa.

“Selamat bertugas bagi kaum muda milenial Kabinet Keja Jokowi, dan selamat berkarya! Merdeka,” tutup Panglima Hukum DR(c) Togar Situmorang, S.H., M.H., MAP. dan juga Managing Partner Law Office Togar Situmorang & Associates yang beralamat di Jl. Tukad Citarum No. 5A Renon Denpasar Bali & Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar Bali. (wie)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan