BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Tunjukkan Empati, Pasutri Bantu Warga Berikan Modal Usaha

dig
banner 120x600

Foto : Pasutri Mike dan Debby. (Tim)
DENPASAR – Pandemi Covid-19 di Bali menggugah rasa empati masyarakat tak terkecuali pasangan suami istri Mike dan Debby. Keduanya lalu membuat program sosial yang disebut Adopt a Family (AAF).
“Sekitar tiga bulan lalu atau setelah Nyepi, terpikirkan konsep yang sekarang jadi adopt a family. Kala itu ada kekhawatiran, Bali pasti akan kena dampak virus ini mengingat, kita di sini menggantungkan dari pariwisata,” terangnya, Sabtu (11/7/2020) di Denpasar.
Pasangan yang mengelola Ikigai Preschool & Kindergarten ini mulai mengumpulkan dana untuk membantu masyarakat terdampak Covid.
Aksi dimulai dengan membantu para pengemudi ojek online. Setelah itu berlanjut ke pendataan serta verifikasi terhadap data yang telah ada.
Menurut Debby, awalnya ia dan suaminya belum tahu bagaimana mencari data orang-orang yang benar-benar terdampak secara ekonomi saat itu.
“Kami awalnya memberikan makan siang kepada driver ojol. Lama-lama semakin banyak yang mensupport, baik dari finansial maupun kemampuan untuk membantu warga yang terdampak bisa kembali mandiri dan ada pemasukan,” paparnya.
Berangkat dari situlah program Adopt a Family berlanjut. Jika sebelumnya hanya menyediakan makan siang untuk pengemudi ojol, berikutnya adalah membagikan food package atau sembako kepada masyarakat lain.
Paket bahan makanan itu dikirim setiap 2 minggu sekali selama pandemi berlangsung.
“Kami bedakan, food package untuk single dan family. Tentunya untuk keluarga lebih banyak paketnya, terutama beras,” ucap Debby.
Sampai saat ini Adopt a Family telah menjangkau kepada pemberdayaan keluarga yang kehilangan mata pencaharian mereka karena imbas dari sebaran virus Corona.
Tidak ingin hanya sekedar membantu dalam bentuk makanan, pasangan ini juga memberikan bantuan tanpa bunga kepada sebanyak 30 keluarga untuk usaha.

Chris, sosok yang menangani bidang pemberdayaan atau empowerment menjelaskan, setelah melakukan berbagai survei, diputuskan empat jenis usaha untuk dijalankan masyarakat.
“Sampai final, kita dapatkan 4 bisnis keluarga yang benar-benar dapat kita bantu dan berdayakan. Bisnis itu yakni donat kentang, lumpia Bali, ikan bakar dan usaha bakso,” kata Chris. (awd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *