EkbisTeras Berita

BI – Survei Membuktikan Transformasi Era Konvensional Menuju Era Digital

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana.

DENPASAR – Dalam acara Malam Apresiasi dan Temu Responden Bank Indonesia 2018, yang mengambil tema “Digital Tourism”. Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana (CIK) menyampaikan terimakasih kepada para responden yang telah hadir dalam acara Apresiasi dan Temu Responden yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Pada kesempatan ini dikatakan CIK begitu kerap disapa menyampaikan apresiasi atas peran aktif para responden dan stakeholder Bank Indonesia yang selama ini telah mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dalam menjalankan mandat untuk merumuskan dan menetapkan kebijakan moneter, stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaran.

“Data dan informasi yang Bapak/Ibu sampaikan melalui survei Bank Indonesia merupakan bahan utama yang sangat penting bagi kami dalam melakukan asesmen ekonomi Provinsi Bali, sekaligus sebagai leading indikator penyusunan perkiraan perkembangan perekonomian ke depan,” katanya disela acara, Jum’at (7/8/2018) malam di Grand Hotel Inna Bali Beach, Denpasar.

CIK juga menyampaikan secara rutin melaksanakan setidaknya 10 survei di Provinsi Bali. Survei-survei ini diselenggarakan guna memperkuat masukan/rekomendasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, sebagai mitra strategis Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pembangunan ekonomi Provinsi Bali.

Foto – Para responden Bank Indonesia.

10 survei tersebut antara lain : Survei Konsumen (SK), Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Survei Penjual Eceran (SPE), Survei Harga Properti Residensial (SHPR) baik Primer maupun Sekunder, Survei Perilaku Wisatawan Mancanegara, Survei Pemantauan Harga (SPH) harian dan mingguan, Survei Properti Komersial, Survei Pedagang Besar, dan Liaison.

Meski menunjukkan perbaikan yang positif, perekonomian Provinsi Bali masih dihadapkan pada beberapa tantangan. Seiring dengan perkembangan dinamika perekonomian global, tingkat persaingan usaha menjadi semakin ketat seiring dengan terus berkembangnya dukungan teknologi digital dalam segala aspek perekonomian.

“Kondisi tersebut semakin menuntut kebutuhan akan produk yang berkualitas, kreatif, unik, dan memiliki nilai tambah tinggi,” ujarnya.

Kemudian ia menuturkan, sebagai bagian dari masyarakat global, kita tidak boleh menutup mata akan perkembangan teknologi, melainkan harus memiliki kewaspadaan yang tinggi dalam memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi digital tersebut.

“Hendaknya kita terus mengembangkan diri dan organisasi yang kita pimpin, agar dapat bertahan, bahkan menjadi pemimpin di era digital ini,” tandasnya mengingatkan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali sebagai strategik advisor bagi Pemerintah Daerah harus dapat memberikan rekomendasi berkualitas tinggi yang didukung oleh data dan kajian yang kuat untuk mengoptimalkan pembangunan ekonomi di daerah, termasuk dalam pengembangan startup berbasis digital sebagai mesin pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam acara temu responden ini hadir seorang pengusaha yang berkiprah di bidang digital – Adhitya Pramono. Anak muda ini merupakan pendiri dan CEO “Triponyu.com”, sebuah platform bisnis online yang memberikan akses bagi traveler dan local guides untuk saling terhubung. Kiprahnya yang sukses mengembangkan “Triponyu.com” hingga memberikan dampak yang besar pada industri kreatif, mendapat apresiasi dari UNWTO berupa Awards for Innovation in Tourism ke-14.

“Melalui sharing ini, kami berharap dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta meningkatkan motivasi para pelaku usaha dan stakeholder yang hadir pada kesempatan ini, sehingga dapat beradaptasi dengan transformasi era konvensional ke era digital dan dapat menjadi leader di bidang usahanya,” ucap CIK.

Hadir pula dalam kegiatan temu responden 2018 kali ini SEKDA Provinsi Bali, Kepala Organisas Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Bali, para pimpinan Universitas di Provinsi Bali, Kepala Perbankan di Provinsi Bali, Himpunan Asosiasi Pengusaha di Provinsi Bali serta para responden BI. Narasumber dan Pengisi Acara Aditya Pramono, Prisca Clarissa, Endah dan Rhesa, Puja Astawa.(red)

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan