RegionalTeras Berita

Danlanal – Tidak Ada Penyelewengan Seleksi Penerimaan Caba dan Cata TNI AL

DENPASAR – Ratusan pemuda dan pemudi warga Bali mengikuti seleksi penerimaan calon bintara (Caba) dan calon tamtama (Cata) Prajurit Karier (PK) Gelombang II Panitia Daerah (Panda) Rute III Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Lapetal) Disminpersal, yang dilaksanakan selama 2 hari di Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar.

“Pelaksanaan kegiatan werving Caba dan Cata TNI AL berjalan lancar. Sebelumnya, Lanal Denpasar juga melaksanakan pembinaan para calon bintara dan tamtama dalam hal pembinaan kesehatan dan pengetahuan tentang mental ideologi,” ujar Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Jumat (24/8/2018).

Kolonel Henricus Prihantoko yang sebelumnya menjabat Dansatkopaska Koarmada II itu mengatakan, proses seleksi yang dilaksanakan oleh Lapetal tersebut dilakukan secara selektif, transparan, dan jujur.

“Bahkan, pengumuman hasil tes bisa langsung diketahui hari itu juga. Sehingga dijamin tidak ada penyelewengan,” tegas orang nomor satu di jajajran Lanal Denpasar yang juga jago menembak itu.

Kasiops Lapetal Letkol Laut (E) Bronto Widodo, menjelaskan, ratusan peserta wajib mengikuti proses seleksi sesuai mekanisme yang telah ditetapkan pihak Lapetal Disminpersal.

“Bagi yang lulus usai mengikuti tes tahap pertama wajib mengikuti tes lab/darah dan urine. Jika dinyatakan lulus pada tahap ini, maka wajib mengikuti tes tahap kedua tentang kesamaptaan jasmani dan mental ideologi,” jelas Letkol Bronto Widodo, saat ditemui di sela kegiatan tersebut di Mako Lanal.

Adapun materi seleksi adalah terkait kesehatan, yang meliputi kesehatan umum, gigi, telinga hidung tenggorokan (THT), penglihatan, tekanan darah, laboratorium (darah dan urine). Serta materi pemeriksaan psikologi, meliputi aspek intelegensi, kepribadian, sikap kerja, dan wawancara.

Peserta Caba pria, semula terdaftar 77 orang, namun setelah dilakukan seleksi tinggal 70 orang yang hadir. Sedangkan peserta Caba wanita diminati 55 orang, namun hanya 49 orang yang hadir untuk mengikuti seleksi.

Peserta Cata semula diikuti 19 orang, namun seorang diantaranya mengundurkan diri, sehingga tingga 18 orang yang hadir untuk mengikuti proses seleksi tahap berikutnya. Hingga pada akhir seleksi, yang lolos hanya 10 orang Caba pria, 8 orang Caba wanita, dan 2 orang Cata.

“Selanjutnya, dua puluh orang tersebut akan dinyatakan lolos, jika hasil lab normal, dan akan mengikuti seleksi tahap II, kesamaptaan juga tes mental ideologi, yang akan dilaksanakan pada awal September 2018 mendatang,” ujar Kasiops Lapetal.

Turut hadir mendampingi Kasiops Lapetal Letkol Bronto Widodo, sedikitnya ada  18 personel yang merupakan anggota tim (kesehatan, psikologi, dan pemeriksaan administrasi). Termasuk Letkol Laut (KH) Drs Kuswardoyo, Msi., selaku ketua tim psikolog, 2 perwira psikologi, seorang dokter umum, seorang dokter gigi, dan belasan anggota lainnya.(moe)

 

Teras Bali News

Tinggalkan Balasan